Jalan Diblokir, Busway Koridor XI Stop Operasi

Foto: Sayangi.Com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Aksi warga yang memblokir Jalan I Gusti Ngurah Rai dan pembakaran halte Bus Transjakarta berdampak pada pengalihan laulintas, Rabu (9/10). Hal itu dilakukan karena sejak pukul 3.30 WIB, Jalan Raya Jalan I Gusti Ngurah Rai ditutup sepanjang tiga kilometer dan operasional bus Transjakarta Koridor XI jurusan Walikota Jakarta Timur – Kampung Melayu berhenti untuk sementara waktu.

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Budi Subiantoro, mengatakan, peralihan arus terjadi di sepanjang jalan I Gusti Ngurah Rai, dari arah Timur menunju Barat dan sebaliknya.

“Pengalihan arus disebar di beberapa titik. Di antaranya, arus dari arah Cakung menuju Jatinegara dialihkan ke arah sekitar Kanal Banjir Timur atau Jalan Kolonel Soegiono dan Jalan Duren Sawit,” katanya.

Sebelumnya kesuruhan dan perusakan sarana umum terjadi di Buaran, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/10) dinihari. Peristiwa dipicu dari rencana Pemkot Jakarta Timur yang akan mengeksekusi rumah di RT 08 RW 012 Buaran, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Surat perintah pengosongan rumah juga sudah diberikan kepada seluruh warga yang tinggal di tempat itu.

Namun, ratusan warga yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di sana tidak terima untuk pindah ke tempat lain. Mereka kemudian melakukan aksi pemblokiran jalan mulai pukul 03.30 WIB. Tidak hanya itu warga juga membakar ban bekas. Akibatnya bentrokan terjadi dengan petugas Satpol PP DKI Jakarta. Warga semakin marah dan membakar halte Buaran.(GWH)