Komisi III DPR Berkunjung ke Rumah Sutarman, Ada Apa Ya?

Foto: Sayangi.com/Huuri

Jakarta, Sayangi.com – Sejumlah Anggota Komisi III DPR RI menyambangi kediaman calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Sutarman di Bintaro, Jakarta Selatan, pada Rabu (9/10). Mereka berangkat dari gedung DPR RI, Senayan, ke rumah Sutarman dengan menuggunakan bus sekitar pukul 10-00 WIB dan tiba d rumah Sutaman pada pukul 11:15 WIB.

Para anggota DPR yang menyambangi rumah Sutarman tersebut antara lain Ahmad Yani dari Fraksi PPP, Sarifuddin Suding dari Fraks Hanura, Taslim Chaniago dari Fraksi PAN, Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar, Abu Bakar Alhabsy dari Fraksi PKS, Yoris Raweyae dari Fraski Golkar, Tjatur Sapto Edy dari Fraksi PAN. Mereka ini langsung disambut oleh Sutarman yang juga Mantan Kapolda Jawa Barat dan keluarganya.

Tjatur Sapto Edy dihadapan keluarga Sutarman mengatakan, bahwa kedatangan rombongannya ke rumah Sutarman ini dilakukan untuk mengenal lebih dekat sosok dan keluarga Sutarman sebelum dilakukan uji kelayakan di komisi yang membidangi hukum dan HAM tersebut.

“Ini rangkaian acara pertama mengunjungi keluarga untuk menilai kelayakan, persiapan keluarga, dan kepantasan,” kata Tjatur.

“Kita kerumah calon, kita akan tanya kepada tetangga soal sosialisasi sang calon. Bagaimana kehidupan pribadi. Yang penting rumah ini sesuai dengan yang dimasukkan dalam LHKPN,” ungkap Bamsoet, yang tiba lebih dahulu di kediaman Sutaraman.

Politisi partai Golkar itu menjelaskan, pada 17 Oktober akan dilakukan fit and propertest terhadap Sutaraman. Ia memastikan, Sutarman merupakan calon yang cocok.

“Calon ini cocok, senior secara kepangkatan pas dan jam terbang, berbeda saat periode jsebelumnya jauh dari harapan,” terangnya. 

Ia berharap Sutarman mampu mengembalikan demoralisasi anggotanya, terkait penembakan polisi. Juga kembali percaya diri menghadapi kasus yang mendera Polri.”Tarman ini pendiam tapi tegas,” pungkasnya.

Sutarman merupakan calon tunggal orang nomor satu di institusi Polri yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Kapolri Jendral Timor Pradopo. Untuk diketahui, Sutarman adalah mantan ajudan Presiden KH Abdurahman Wahid, dan sebelum menjadi Kabareskrim Mabes Polri, Sutarman pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya. (RH)