Jokowi: Itu Kriminal, Tangkap Pembakar Shelter Busway

Foto: Sayangi.com/emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengaku geram atas tindakan sejumlah warga yang melampiaskan amarah dengan membakar shelter bus TransJakarta di Jalan Buaran, Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (9/10) pagi.

“Tangkap saja, itu kriminal sudah membakar shelter bus TransJakarta,” kata Joko Widodo kepada wartawan di Balaikota DKI, Rabu (9/10).

Mantan Walikota Solo ini menyerahkan tindakan pembakaran fasilitas umum tersebut ke aparat Kepolisian, dengan harapan diberi hukuman yang sepatutnya.

“Penindakannya kita serahkan ke aparat Kepolisian. Laporan kerugiannya belum saya terima,” tutur Jokowi.

Diketahui, saat ini eksekusi lahan di Jalan Buaran I RT 08/12, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, berlangsung ricuh. Sebuah shalter busway Buaran dibakar warga yang menolak dieksekusi, hingga mengakibatkan penutupan Jalan I Gusti Ngurah Rai sepanjang tiga kilometer. Bus Transjakarta koridor 11 jurusan Kampung Melayu-Pulogebang terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

“Berhenti beroperasi sementara waktu sampai situasi kondusif,” ujar Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Budi Subiantoro, kepada wartawan saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/10).

Dikatakan Budi, shelter Transjakarta Buaran akan ditutup sementara waktu, hal tersebut lantaran kondisi shelter yang rusak parah akibat dibakar warga. “Nanti kalau sudah dibuka koridor 11, shelter Buaran akan dilewati saja,” pungkas Budi. (GWH).