Polisi Buru Dua Provokator Kerusuhan Buaran

Foto: sayangi.com/emil

Jakarta, Sayangi.com – Kapolres Jakarta Timur, Kombes Mulyadi Kaharni, menduga ada dua orang yang memprovokasi aksi bakar halte TransJakarta Buaran dalam eksekusi lahan di Jalan Buaran I RT 08/RW 12, Klender, Jakarta Timur, Rabu (9/10).

“Kami mengidentifikasi ada dua orang masih dicari dan dikejar,” kata Kapolres Jakarta Timur, Kombes Mulyadi Kaharni, kepada wartawan saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/10).

Hingga saat ini dari pantauan Sayangi.com lalu lintas di Jalan I Gusti Ngurah Rai lumpuh total, Bus Transjakarta Koridor XI jurusan Pulogebang-Kampung Melayu pun berhenti beroperasi.

Terlihat, beberapa petugas membersihkan halte yang kacanya pecah dihancurkan warga. Dalam melakukan penggusuran lima unit belco diterjunkan ke lokasi yang belum bisa sepenuhnya dibongkar. Ada beberapa bangunan-bangunan yang masih sah milik warga lengkap dengan surat-suratnya.

Diketahui bahwa ekskusi ini merupakan lanjutan dari eksekusi yang sempat tertunda pada Mei lalu. Upaya dialog antara PT Graha Citra Karisma (GCK) yang mengklaim pemilik lahan dengan warga yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta dilakukan beberapa kali. Dari 421 bangunan yang sebelumnya berdiri di atas lahan 9,5 hektar, terdapat 87 bangunan di atas lahan satu hektar yang masih bertahan.

Sampai saat ini, sekira 750 petugas kepolisian gabungan dari Polres Jakarta Timur dan Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengamankan jalannya eksekusi lahan milik Graha Cipta Kharisma (GCK) itu. (GWH)