Madrid Jual Ozil ke Arsenal karena Dililit Utang

Foto: Arsenal

Madrid, Sayangi.com – Mantan Direktur Olah Raga Madrid, Jorge Valdano, mengungkapkan alasan penjualan Mesut Ozil ke Arsenal pada bursa transfer musim panas lalu akibat krisis keuangan yang dialami klub raksasa Spanyol tersebut.

Valdano mengutarakan Madrid memiliki utang yang cukup besar. Madrid akhirnya melepas Ozil ke Arsenal dengan nilai transfer sebesar 42,5 juta poundsterling (sekitar Rp 763 miliar), sehari setelah Madrid mendatangkan Gareth Bale dengan biaya sebesar 85 juta poundtserling (sekitar Rp 1,5 triliun).

“Hal yang paling utama adalah klub memiliki utang sebesar 456 juta poundsterling (sekitar Rp 8,1 triliun),” kata Valdano seperti dilansir Daily Star, Selasa, 8 Oktober 2013. “Angka yang mereka keluarkan untuk Bale tampaknya sangat keterlaluan.”

Madrid berusaha meminimalisasikan pengeluaran gaji pemain yang terus membengkak di setiap tahun. Selain Ozil, sebelumnya Madrid melepas Gonzalo Higuain, Jose Callejon, Raul Albiol, Pedro Leon, dan Kaka. Nama terakhir dilepas secara gratis ke AC Milan. Padahal, ia didatangkan dengan harga 56 juta poundsterling.
Namun belakangan President Klub Florentino Perez mengatakan transfer Kaka tidak gratis.

Bale menjadi pemain termahal yang didatangkan Madrid, sedangkan Ozil adalah penjualan termahal Madrid. Akan tetapi, Valdano menilai transfer Ozil sangat murah. “Ozil layak dihargai lebih dari itu,” ujar mantan penyerang Madrid tersebut. “Hal itu akan berdampak positif pada neraca keuangan, tapi biaya besar (gaji) terus menumpuk,” jelasnya.