Di Istana, Jokowi Tak Buat Sumur Resapan

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menargetkan akan membuat 1.958 sumur resapan di sejumlah titik di Jakarta, di antaranya adalah kawasan Monumen Nasional (Monas). Namun, kawasan di area Istana Negara tak dibuatkan. Ada apa dengan Jokowi?

Jokowi mengajak sejumlah kepala dinas untuk memantau proyek penanggulangan banjir DKI Jakarta yang sudah berjalan. Salah satunya adalah pembuatan sumur resapan yang masih dalam proses.

“Kami menargetkan sebanyak 1.958 sumur resapan yang akan disebar di sejumlah titik di Jakarta. Namun, sampai saat ini baru 20 sampai 30 persen pembuatannya,” kata Jokowi kepada wartawan di Balaikota DKI, Rabu (9/10).

Sejumlah sumur resapan tersebut akan dibuat di kawasan Monas. Mulai dari Jalan Medan Merdeka Barat, Timur, dan Selatan. Akan tetapi, di area Istana Negara di Jalan Merdeka Utara tidak dibuat.

“Pokoknya hanya Medan Merdeka Barat, Selatan, dan Timur saja,” ujarnya.

Meski di area Istana Negara tak dibuat sumur resapan, namun Jokowi mengatakan, fungsi penyerapan air tetap bisa dilaksanakan oleh beberapa sumur resapan yang dibuat dalam kawasan Tugu Monas.

“Sama saja, toh di dalam Monas juga sudah dibuat sumur resapan di Selatan, Barat, dan Timur juga lari ke Monas semua,” ujar Jokowi.

Berbeda dengan Jokowi, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral DKI Andi Baso mengatakan, sumur resapan di kawasan Istana sudah dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

“Jadi kami tidak perlu membuat lagi,” ujarnya.(GWH)