Makan Kacang Merah Tiap Hari, Cegah Alzhimer

Foto: wikimedia.org

Jakarta, Sayangi.com – Banyak anggapan yang mengatakan kacang merah mengakibatkan anda memiliki berat badan yang tak terkontrol. Padahal kacang yang merupakan golongan makanan nabati yang dikelompokkan dengan kacang polong ini memiliki khasiat untuk kesehatan termasuk mencegah penyakit Alzhimer yang legendaris itu karena kaya akan vitamin B dan K yang berguna untuk memelihara dan menutrisi saraf otak dan sel-sel yang dapat mencegah penyakit terkait usia.

Kacang merah biasanya disajikan untuk sayur sop, topping ice cream, kari, salad sampai isian bakpau atau dorayaki. Khasiat kacang merah untuk kesehatan tentunya cukup banyak, karena memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk tubuh. Bagi Anda yang sedang mengontrol berat badan, semangkuk kacang merah yang dihidangkan sebagai salad atau sayuran dapat menjadi solusi yang baik. Kacang merah dapat membuat Anda merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan nabati bermanfaat untuk perkembangan otot tubuh.

Tak hanya itu,kacang berukuran lebih besar dibanding kacang tanah ini juga berguna untuk mencegah kolesterol jahat, mencegah diabetes, dan dapat melancarkan pencernaan serta menjaga fungsi sistem syaraf, metabolisme karbohidrat, dan kandungan thiamin nya dapat mencegah terjadinya penyakit beri-beri.

Manfaat kacang merah lainnya juga dapat membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA. Selain itu, kacang merah dapat menurunkan level homositein dalam pembuluh arteri yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain manfaat diatas, tentunya masih banyak lagi manfaat kacang merah yang dapat dirasakan oleh tubuh. Wah… banyak juga manfaat si kacang merah satu ini ya… Jika tak begitu suka dengan rasanya anda bisa mencampurkannya dengan es serut dan susu kental manis yang proporsional. Dijamin bisa melegakan tenggorokan sekaligus mengenyangkan. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN