Dramatis! Pilot Sakit, Penumpang Ambil Alih Pesawat

Foto: dailymail.co.uk

Lincolnshire, Sayangi.com – Sebuah peristiwa heroik dan dramatis terjadi dalam sebuah penerbangan di Inggris. Seorang penumpang harus mengambil alih pesawat hingga mendarat setelah mengetahui sang pilot menderita sakit.

Meski tidak memiliki pengalaman menerbangkan dan mendaratkan, akhirnya pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Humberside, Inggris.

Dalam prose pendaratan, ‘pilot dadakan’ tersebut dibantu oleh petugas dari menara pengawas, dua instruktur terbang turut membantu penumpang tersebut ketika harus mengendalikan pesawat jenis Cessna turun ke bandar udara.

Ketika proses pendaratan berlangsung, petugas kepolisian, pemadam kebakaran dan petugas kesehatan dikerahkan ke landasan pacu.

Salah-seorang instruktur pesawat yang diminta bantuan, Roy Murray, mengatakan penumpang itu sama-sekali tidak memiliki pengalaman menerbangkan pesawat.

“Jadi, apa yang dilakukannya itu luar biasa,” kata Murray.

Murray menjelaskan bahwa sang penumpang tidak tidak mengerti piranti di ruang pilot. “Dia juga tidak paham di mana letak lampu, sehingga dia benar-benar buta tentang cara menerbangkan pesawat,” lanjutnya.

Murray, dari menara pengawas, mencoba meyakinkan agar ‘pilot dadakan’ itu tetap tenang saat menjelaskan prosedur pendaratan.

“Hal penting yang mesti Anda lakukan adalah bagaimana caranya agar dia tidak panik. Karena jika itu terjadi, maka segala hal bisa terjadi,” terangnya.

Dan tatkala pesawat itu mendarat mulus di landasan, sorak-sorai terdengar di ruang kontrol bandara.

Saat proses pendaratan darurat itu dilakukan, penanggungjawab keselamatan Bandara Humberside sempat menutup aktivitas lalu lintas di sekitarnya.

Dua penerbangan dari Aberdeen dan Amsterdam juga ditunda pendaratannya selama proses pendaratan pesawat.(GWH/BBC)