Ini Alasan Jokowi Tak Temani SBY Shalat Ied di Istiqlal

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ia mendampingi Presiden RI, Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) melakukan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Jokowi pagi tadi melaksanakan salat Idul Adha di Balai Kota, Jakarta, Selasa (15/10). Padahal sebelumnya Jokowi dikhabarkan menemani Presiden SBY Salat Id di Masjid Istiqlal.

Jokowi yang duduk di barisan paling depan itu dengan mengenakan baju koko berwarna putih, dengan kain sarung berwarna merah yang dikalungkan di lehernya.

Mantan Wali Kota Solo tersebut beralasan memilih sholat Id di Balaikota lantaran tidak ada pejabat yang menggantikan kehadirannya di tengah masyarakat PNS DKI Jakarta.

“Karena disini nggak ada orang yang mewakili. Pak Plt Sekda lagi naik haji,” ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (15/10/2013).

Usai melaksanakan sholat Ied berjamaah, dilanjutkan penyerahan hewan kurban sapi secara simbolis dan melepas 760 petugas pemeriksaan hewan kurban tersebar di seluruh wilayah DKI.

Jokowi juga menyerahkan kambing namun tidak menyebutkan jumlahnya. “Saya kurban sapi dan kambing, tapi jumlahnya rahasia nanti riya ,” katanya.

Tahun ini Pemprov DKI membagikan 1.750 kupon daging kurban kepada mustahik berasal dari lima kotamadya dan satu kabupaten pulau seribu terdiri 145 ekor sapi dan 276 ekor kambing termasuk hewan kurban pemberian Jokowi.

Tema khutbah dalam Shalat Idul Adha pagi tadi di Balaikota DKI Jakarta bertajuk “Dengan Semangat Berqurban, Kita Tingkatkan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang Ikhlas dan Profesional dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat”. Sementara untuk khutbahnya oleh Abuya KH. Saifuddin Amsir

Tidak hanya Jokowi, hadir pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Ferrial Sofyan, yang duduk bersila persis di samping kiri Jokowi. Kemudian Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiono dan sejumlah pejabat Pemprov DKI lainnya.(RH)