Ternyata, Darah di Urine Itu Bisa Pertanda Kanker

Foto: BBC

London, Sayangi.com – Jika anda melihat darah di urine, bahkan jika hanya sekali, hal itu bisa menjadi pertanda kanker, seperti yang diperingatkan kampanye kesehatan publik.

Kanker ginjal yang terdiagnosa meningkat hingga sepertiganya dalam 10 tahun terakhir di Inggris. Angka kematian juga bertambah hingga 7 persen menjadi 3.500 orang di Inggris pada 2011.

Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) mengatakan peningkatan ini terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Merokok dan obesitas misalnya meningkatkan risiko kanker ginjal, tapi diagnosa awal bisa menurunkan tingkat kematian.

Ketika kanker ginjal terdiagnosa di tahap awal, peluang penderita untuk bertahan hidup hingga satu tahun mendatang mencapai 97% dan 32% pada tahap akhir.

Tetapi ketika diminta untuk menyebut jenis kanker dan gejalanya, menurut PHE, hanya sepertiga pasien yang menyebutkan adanya pendarahan.

Prof Kevin Fenton, Direktur Kesehatan PHE mengatakan, “Pesan kami jelas, begitu anda melihat darah di urine, segera temui dokter.”

“Mungkin itu bukan hal yang serius, tapi mungkin juga merupakan indikasi sesuatu yang harus diobati, jadi jangan anggap sepele gejala itu atau menunda pergi ke dokter.”

Klub sepakbola Liga Primer West Bromwich Albion mendukung kampanye itu.

Bromwich menguji urinal yang sensitif terhadap panas.

Ketika digunakan, urinal itu menunjukkan kalimat, “Jika anda melihat darah di urine anda, bahkan jika hanya sekali, segera temui dokter.” (MI/BBC)

Berita Terkait

BAGIKAN