Warga Inggris Kagumi Upacara Adat Perkawinan Palembang

foto: tua-tradisionil.blogspot.com

London, Sayangi.com – Warga Inggris, istri komedian, dan bintang film terkemuka Inggris, Bill Bailey, yakni Kristin, mengagumi upacara adat perkawinan Palembang yang digelar Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb dan Lastry Thayeb di Wisma Nusantara, London, Sabtu malam (13/3).

“I love Indonesian wedding,” ujar Kristin kepada ANTARA London saat menyantap hidangan dalam acara pesta pernikahan Fitria Thayeb, putri pasangan Dubes dan Ny Lastry Thayeb dengan Aldino Batangtaris yang dihadiri lebih dari 200 undangan.

Fitria dan Aldino mengenakan busana adat perkawinan Palembang dengan kain songket warna merah bersulam benang emas lengkap dengan sunting yang menghias di kepala sang pengantin putri serta dilengkapi dengan perhiasan emas hingga keduanya tampak anggun di antara para undangan.

Kristin yang datang bersama putranya, Dax yang berusia 10 tahun mengatakan bahwa ia juga menikah dengan Bill Bailey di Maluku. “Saya menikah di Maluku dengan acara adat Maluku pada 15 tahun lalu,” ujar Kristin yang menyebutkan sang suami tidak bisa hadir karena sedang mengisi acara di luar kota.

Menurut Kristin, upacara adat perkawinan di Indonesia sangat indah dan ia merasa senang diundang dan menyaksikan pesta pernikahan putri Dubes Hamzah Thayeb dalam suasana kekeluargaan di London .

Selain itu, Kristin mengakui bahwa ia sangat menyukai makanan Indonesia. “Saya suka makanan Indonesia, terutama rendang,” ujar Kristin yang mengatakan sang putra nya Dax juga suka makan rendang. Bahkan sang suami Billy sangat menyukai masakan Padang.

Ia mengatakan mereka sering berlibur ke Indonesia dan mempunyai rumah di Maluku. “Terakhir, saya ke Indonesia pada bulan Agustus lalu dan berencana akan berlibur kembali ke Bali untuk merayakan tahun baru,” ujar Kristin yang tinggal di daerah Hammersmith, London.

Acara resepsi perkawinan Fitri dan Aldino berlangsung dalam suasana kekeluargaan, bahkan kedua mempelai berbaur dengan para undangan, di antaranya Duta Besar sejumlah negara ASEAN dan perwakilan asing, pejabat dari kantor perwakilan Indonesia BNI di London, Nungki Indraty, Ketua Anglo Indonesia Society, Charles Humfrey, dan Sri Owen serta masyarakat Indonesia di London.

Dubes Hamzah Thayeb mengakui ia senang bisa memperkenalkan upacara adat perkawinan putrinya di London. “Kita semua bisa bergembira bersama-sama dan berkumpul dalam suasana yang tidak formal,” ujarnya.

Acara pesta pernikahan Fitria dan Aldino secara resmi juga digelar di Jakarta pafa beberapa waktu lalu dan Dubes Hamzah Thayeb dan Ny Lastry Thayeb juga ingin pesta pernikahan putri mereka juga bisa diadakan di London dan juga dihadiri keluarga besar mempelai pria yang khusus datang dari Indonesia. (ZG)