PPATK Hadiri Uji Kelayakan Calon Kapolri Sutarman

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Komisi III DPR-RI akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Sutarman pada Rabu (16/10) ini. Acara uji kelayakan dan kepatutan terhadap mantan Kapolda Jawa Barat tersebut akan diselenggarakan di ruangan Komisi III sekitar pukul 11.00 WIB.

“Mulai dari jam 11,” kata anggota Komisi III Didi Irawadi Syamsuddin kepada Sayangi.com. Didi mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan juga akan dihadiri oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Jadwal yang diberikan Komisi III yang membidangi hukum dan HAM untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan itu bisa berlanjut sampai sore dan kemudian akan dilaksanakan pada Kamis (17/10).

“Jadwalnya nyambung terus. Dan akan dihadiri oleh PPATK juga,” pungkas Didi yang juga politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini. Untuk diketahui, Sutarman merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden SBY kepada Komisi III untuk menggantikan Jenderal Timur Pradopo. Jika Komisi III menemukan hal-hal yang bersifat negatif terhadap jejak rekam Sutarman, maka Komisi III tidak akan memberikan toleransi sebagaimana dikatakan Ketua Komisi III Pieter Zulkiefli.

Bahkan, Bambang Soesatyo sebagai anggota Komisi III akan menarik dukungannya kepada Sutarman jika ada desakan dari publik untuk menolak Sutarman sebagai orang nomor satu di institusi yang mengusung motto “melayani dan melindungi masyarakat” tersebut. (MSR)