Jokowi Bentuk Tim Pengawas Monorel

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membentuk tim khusus untuk mengawasi pembangunan konstruksi fisik monorel agar dapat selesai pada waktu yang ditetapkan.

“Pembangunan ini harus diawasi, ada tim khusus untuk monorel ketuanya Sarwo Handayani yaitu Deputi Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dan melibatkan Bappeda DKI,” kata Joko Widodo di Jakarta, Rabu (16/10).

Menurut dia, pembangunan monorel akan selesai 3 hingga 3,5 tahun lagi karena dana dan dokumennya sudah siap.

“Waktunya 3-3,5 tahun akan selesai. Kita semangatnya ingin melanjutkan tiang-tiang yang mangkrak,” ujar dia.

Ia mengatakan untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota, pihaknya menggunakan semua jurus seperti pembangunan MRT, monorel, maupun penambahan bus Transjakarta pada November hingga Desember nanti.

“Penduduk Jabodetabek yang sebanyak 26 juta itu bukanlah jumlah yang kecil,” ujar dia.

Setelah pembangunan MRT maupun monorel selesai, maka akan ada kebijakan lainnya seperti pajak parkir yang tinggi, pemberlakuan jalan berbayar (ERP) dengan tujuan mendorong orang menggunakan sarana transportasi massal.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan harga tiket monorel yang murah agar warga mau meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan sarana transportasi massal.

“Kalau tarif monorelnya mahal pasti warga tidak akan ada yang naik, karena itu harus murah,” ujar Joko Widodo usai peresmian peletakan batu pertama pembangunan proyek monorel di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pihaknya belum bisa menjawab kisaran harga tarif monorel, namun yang jelas harga tiket monorel harus lebih murah daripada menggunakan kendaraan pribadi.

“Harga tiketnya harus lebih murah dibandingkan kalau kita pakai kendaraan pribadi,” ujar dia.(GWH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN