Turki, Negeri Penuh Pesona Dua Peradaban

Foto: sights-and-culture.com

Turki, Sayangi.com – Turki di mata dunia adalah sebuah jembatan dua peradaban dua benua. Pasalnya 97% tanahnya berada di benua Asia, sedangkan 3% lainnya tersebar di Benua Eropa, tepatnya Eropa tenggara. Kontradiksi peradaban timur yang tradisional diringi wujud metropolitan ala budaya Barat pun menjadi wajah sehari-hari negara ini.

Letaknya yang strategis membuat kemegahan Turki menjadi destinasi wajib para wisatawan dunia. Salah satunya kota Istanbul yang meski bukan ibu kota, namun kota ini tetap menjadi kota utama dan kota terbesar di Turki. Di kawasan ini berdiri banyak kemegahan masa lampau yang bertahan hingga sekarang.

Butuh waktu cukup panjang untuk menelusuri kemegahan tersebut. Ini dikarenakan banyak agenda yang bisa dilakukan. Dari menjelajahi suasana kota tua Sultanahmet dan menikmati modernitas kota barunya di sekitar Beyoglu. Paling tidak delapan hari adalah waktu yang cukup untuk memuaskan hasrat dan penasaran anda tentang jembatan peradaban ini.

Setelah mendarat di Attaturk Airport Turki, Anda bisa langsung menuju Hippodrome Square tempat adu kereta kuda dan gladiator yang terjadi selama Kekaisaran Byzantium, yang kini telah dilengkapi dengan Egyptian Column, Serpentane Column, dan Ibrahim Pasa Palace. Kemudian jangan lupa mengunjungi monumen arsitektur Hagia Sophia/Aya Sofia, yang dalam perjalanan peradabannya, museum termegah di dunia ini adalah sebuah Basilika yang kemudian disulap menjadi sebuah masjid megah.

Lalu Anda bisa melipir ke Blue Mosque yang terkenal dengan enam menara cantiknya. Masjid menarik lainnya adalah Rutem Pasha. Kemudian coba habiskan pagi hari Anda dengan mengunjungi kemegahan istana Sarayi Topkafi yang terletak di taman Gulhane, Sultanahmet Square. Kunjungi juga panaroma terbaik dari Camlica untuk melihat Amazing Bosphorus dan Istanbul. Sempurnakan cerita perjalanan anda dengan sejarah-sejarah yang tergelar di Museum Arkeologinya, jangan lewatkan pula Basilika Cistern di penjelajahan Anda hari itu.

Salah satu dari keajaiban Istanbul adalah modernnya kota Beyoglu. Bangunan hingga kebudayaan pun berubah rasa di kawasan ini.
Hari-hari berikutnya Anda bisa meluncur ke Gallipoli, yang terkenal karena banyak menyimpan situs sejarah pertempuran selama Perang Dunia I. Kemudian kunjungi The Dardanelles dan lanjutkan perjalanan menuju kota Canakkale dan jangan lupa untuk mengunjungi Troy. Dari kota Canakkale Anda bisa menuju kota Kusadasi melalui kota Izmir. Nikmati tur keliling Anda untuk mengunjungi atau melewati Mount Pagus, Kadifekale, dan Ottoman Clok Tower. Jangan lewatkan atraksi Ephesus, yang merupakan salah satu dari situs arkeologi terbesar dan merupakan salah satu dari tujuh gereja terkemuka. Kemudian Anda bisa mampir ke Virgin Mary’s Statue, Ruins of the Ancient City of Hierapolis.

Penasaran dengan kota lainnya, hinggaplah di kota Cappadocia melalui kota Konya yang terkenal sebagi ibukota lama dari Turki Selcuk. Kemudian mengunjungi Mevlana Museum & Sultanhani Caravanserai. Setelah itu perjalanan bisa dilanjutkan ke Uchisar, kemudian mengunjungi Valley of Birds, Uchisar Castle, dan Carpet Factory. Dari kota ini Anda bisa menengok ibu kota Turki, Ankara, melalui Salt Lake. Kota itu menyimpan Ataturk Mausoleum (1881-1938), yang dikenal sebagai bapak bangsa Turki. Jika Anda masih penasaran, kunjungi pula kota Bolu yang eksotik, niscaya kunjungan Anda yang singkat pun merasa terpuaskan. Bagi Anda yang ingin memborong oleh-oleh khas Turki bisa langsung tawar menawar di Grand Covered Bazaar atau Bazaar Mesir yang menwarkan makanan kering khas Turki. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN