Ini Dia Profil M Rachmad

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Nama M Rachmad sontak melejit dan jadi pembicaraan banyak orang, mulai dari rakyat jelata hingga presiden. Siapa sebenarnya M Rachmad yang telah pernyataan yang mengejutkan terkait pejemputan mantan Ketua Umum Demokrat Pof Subur Budhisantoso oleh Badan Inteljen Negara (BIN)?

M Rachmad ternyata seorang pria kelahiran 5 Janurari 1973 di Talago, Sumatera Barat. Dia meraih gelar Sarjana Syariah di IAIN Imam Bonjol dan memperoleh gelar menyelesaikan studi dan meraih magister manajemennya di Universitas Krinadwipayana, Jakarta. Dia juga tercatat pernah aktif di organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).  

M Rachmad juga pernah bertugas di unit inteljen. Kala tu dia bertugas di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Saat di KBRI, dia pernah ditempatkan di unit sandi dan unit BIN.

Pada 2009, atau setelah 16 tahun berkiprah di KBRI, Rachmad memutuskan bergabung dengan Partai Demokrat dan menjadi tenaga ahli Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum. Setelah menjadi tim sukses dan membawa Anas menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada 2010, dia ditunjuk sebagai Wakil Direktur Eksekutif di Partai Demokrat.
 
Tak salah bila banyak yang mengatakan bahwa M Rachmad adalah seorang loyalis Anas Urbaningrum. Alasannya, selain dekat dia juga menjadi penulis buku berjudul ‘Apa Adanya: Catatan Harian Tentang Anas Urbaningrum’.

Lelaki yang tinggal di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini, belakangan diketahui sebagai calon legislatif Dewan Pertimbangan Daerah (DPD). Berdasarkan daftar caleg DPD yang dikeluarkan KPU, Senin (21/10), M Rahmad tercatat sebagai caleg DPD untuk Sumatera Barat.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN