Puluhan Ribu Buruh Geruduk DPR

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Puluhan ribu buruh geruduk Gedung DPR RI. Mereka akan melakukan unjuk rasa untuk mengingatkan kepada DPR akan tuntutan mereka, salah satunya jaminan kesehatan.

Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengatakan demo ini akan diikuti oleh sedikitnya 20 ribu buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Kita datang untuk mengingatkan DPR tentang jaminan kesehatan untuk rakyat yang akan dimulai 1 Januari 2014,” kata Iqbal, Senin (21/10).

Tidak hanya itu, mereka juga menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing dan kenaikan upah layak buruh.

Akibat demo tersebut, kemacetan tak bisa dielakkan. Kemacetan sudah mulai terjadi di Jalan MT Haryono mengarah Semanggi. Kemacetan juga terjadi di Jalan Mampang mengarah Kuningan yang tersendat di Jalan Gatot Subroto, dan seputaran Semanggi yang juga terpantau mengalami kemacetan.

Untuk mengurai kemacetan, polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto. Para pengendara yang melintas di Gatot Subroto mengarah ke DPR, jalan dialihkan menuju Gerbang Pemuda dan juga Jalan Asia Afrika. Sebaliknya dari arah Gerbang Pemuda dialihkan dengan melewati jembatan layang Senayan atau melewati jalan di belakang Gedung DPR.(GWH)