Adalaj Vav, Saksi Bisu Roro Jonggrang Tanah Gujarat

Foto: Panoramio

Gujarat, Sayangi.com – Adalaj adalah sebuah desa kecil yang terletak di India negara bagian Gujarat, tepatnya disekitar 18 km sebelah utara ibukota Gujarat, Ahmedabad. Desa ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di Ahmedabad. Pasalnya, desa ini tempat bercokolnya situs-situs peninggalan kerajaan masa lampau yang pernah memerintah Gujarat. Salah satunya adalah Adalaj Vav yang memiliki predikat tinggi atas seni arsitektural Gujarat, vav diartikan sebagai step well alias sumur. Sumur antik ini dibangun atas perintah Ratu Rudabai pada tahun 1499, Rudabai tak lain adalah istri dari Penguasa Vaghela, Raja Veer Sinh.

Menariknya, sumur ini dikatakan sebagai “syarat” atas Ratu Rudabai. Jika di Indonesia ada legenda Roro Jonggrang dengan keindahan candi Prambanan-nya maka tanah Gujarat punya Adalaj Vav sebagai legenda yang setali tiga uang.

Legenda kuno Gujarat mensejarahkan sebuah tragedi yang terjadi di kepemerintahan Raja Vaghela yang tumbang setelah ia dibunuh oleh seorag sultan bernama Beghara. Alih-alih demi memperluas daerah kekuasaannya di tanah Gujarat, Sultan Beghara malah melayangkan pinangannya kepada istri Raja Vaghela, Ratu Rudabai.

Tak ada yang dapat menolak keinginan penguasa baru tersebut, intrik yang terjadi selanjutnya menebar kisah romantik penguasa Vaghela ini. Ratu Rudabai mengulur waktu dengan memberikan syarat pembangunan sebuah sumur hingga selesai. Cerita klimaks Ratu Gujarat ini memang agak jauh berbeda dengan cerita akhir Candi Prambanan. Jika nasib Roro Jonggrang yang menolak pinangan akhirnya dikutuk menjadi batu penyempurna candi, lain halnya dengan Ratu Rudabai. Ketika Sultan Beghara mulai memaksanya menikah, Ratu Rudabai mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai atas sumur tersebut, konon demi menjaga kehormatan suaminya, Raja Veer Sinh.

Struktur sumur ini meliputi balkon dan pavilion berlantai lima, serta dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat detil dan rumit. Aksen ukiran mencakup gambar-gambar bunga, ikan dan burung, serta beberapa ornamen menarik lainnya. Terdapat tingkatan koridor dan platform disetiap lantainya, tiga pintu masuknya mengakses anak tangga menuju lantai-lantai berikutnya. Dari atas, struktur bangunan sumur ini berbentuk octagonal. Beberapa kanopinya nampak tidak sempurna, ini memperlihatkan sumur ini belum selesai disempurnakan seluruhnya, waktu itu.

Keistimewaan lain dari Adalaj Vav ini selain sebagai penampungan dan konservasi sumber air untuk keperluan minum kerajaan, sumur ini juga dimanfaatkan sebagai ruangan pendingin saat musim panas tiba. Beberapa pengembara atau pelancong dari luar daerah memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat berteduh dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN