KPU Sumsel Himbau Caleg dan Parpol Taati PKPU No. 17

Foto: Sayangi.com/Ardhy

Palembang, Sayangi.com – Komisioner KPU Sumsel Divisi Sosialisasi, Ong Berlian, menghimbau agar para Caleg dan Parpol menaati PKPU No 17 tahun 2013 tentang pelaporan dana kampanye, baik soal pembatasan pengunaan dan penerimaan sumbangan dana kampanye (21/10).

“Ada beberapa batasan yang harus dipenuhi oleh para Caleg dan Parpol. Penerimaan sumbangan dana kampanye bagi Caleg dari per seorangan hanya boleh menerima maksimal Rp 250 juta sedangkan jika menerima dari pihak perusahaan/kelompok maksimal Rp 500 juta. Untuk Parpol sendiri nilai sumbangan maksimal dari perseorangan senilai Rp 1 miliar dan dari perusahaan/kelompok Rp 7,5 miliar, ujar Ong.

Batasan yang telah ditentukan tersebut, kata Ong, harus dipenuhi dan dibuktikan dalam setiap laporan tiga bulanan maupun enam bulanan,” terang Ong.

Seperti diketahui, ada sebanyak 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) belum melaporkan rekening dana kampanye mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel. “Meskipun hal tersebut telah kami sosialisasikan bahkan telah kami kirimi surat, setiap Parpol yang ada, namun hingga saat ini belum ada satu pun parpol yang melaporkan dana kampanye mereka. Padahal, pelaporan seharusnya dimulai sejak Januari 2013 hingga empat belas hari sebelum pelaksanaan kampanye yang dilaksanakan pada 16 Maret-5 April 2014 mendatang,” terangnya.

Dikatakatannya kembali, laporan dana kampanye harus dipenuhi calon anggota legislatif (caleg) dan parpol. Bentuk laporan terdiri atas laporan tiga bulanan dan enam bulanan. Artinya, semestinya sampai bulan ini, caleg dan parpol sudah melaporkan tiga laporan tiga bulanan dan satu laporan enam bulanan.

“Ya walaupun batas akhir penyampaian laporan masih empat belas hari sebelum kampanye (2 Maret 2014), semestinya jauh hari sudah dilaporkan. Agar tidak menumpuk nanti di akhir. Ini kami sudah beberapa kali mengingatkan parpol soal ini,” terangnya.

Terakhir dirinya menuturkan, Parpol ataupun Caleg ini masih merasa bingung dengan bentuk pelaporan yang hendak disampaikan ke KPU Sumsel meskipun memang telah terdapat blangko untuk pelaporan tersebut.”Menurut saya Parpol saat ini merasa penyampaian dana kampanye belum perlu dan menunggu mendekati kampanye atau hari terakhir. Tetapi jika dana kampanye itu tidak dilaporkan maka akan dibatalkan sebagai peserta pemilu,” tegas Ong

Berita Terkait

BAGIKAN