IAIN Ar-Raniry Berubah Menjadi UIN Ar-Raniry

Foto: bemaf.tarbiyah

Banda Aceh, Sayangi.com – Secara resmi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) meresmikan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang sebelumnya bernama Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ar Raniry di Banda Aceh. Peresmian UIN Ar-Raniry berlangsung pada acara diesnatalis ke-50 di kampus tersebut, Senin (21/10/2013).

Dalam kesempatan itu, Rektor UIN Ar-Raniry menyebutkan, meningkatnya status kampus ini banyak kontribusi yang diberikan oleh Menpan, Azwar Abubakar selama ini. Demikian juga ada banyak pihak yang juga ikut terlibat dalam menyukseskan peningkatan status kampus Agama Islam pertama di Aceh tersebut.

“Menpan, Azwar Abubakar banyak berkontribusi dalam mewujudkan UIN Ar-Raniry ini,” kata Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi, Senin (21/10/2013) di Banda Aceh.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan status kampus ini menjadi UIN telah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 500 miliar lebih untuk melakukan pembangunan infrastruktur. Dana tersebut bersumber dari pinjaman lunak Internasional Development Bank (IDB).

Farid juga menambahkan, untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan meningkatkan mutu pendidikan di UIN nantinya. UIN akan berencana akan membuat asrama khusus untuk mahasiswa baru yang baru setahun masuk kuliah. “Ini untuk dididik perilaku akhlak dan ilmu pengetahuan lainnya tentang kesilaman,” imbuhnya.

Dengan telah ditetapkan UIN Ar-Raniry sebagai kampus yang berkelas Universitas. Maka di Indonesia saat ini sudah memiliki 8 Universitas Islam di Indonesia. (VAL)

Berita Terkait

BAGIKAN