DEMA UIN Jakarta akan Gelar Inaugurasi Akbar

Gambar: Dema UIN Jakarta

Jakarta, Sayangi.com – Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri  (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta akan menggelar inaugurasi akbar dan pemberian sertifikat Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) bagi mahasiswa baru. Acara tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (26/10) bertempat di Hall Student Center UIN Jakarta.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Didin Sirojuddin, menjelaskan bahwa acara inaugurasi akbar tersebut merupakan pengukuhan 4500 mahasiswa baru setelah melewati kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik (OPAK) yang telah dilaksanakan pada 29-31 Agustus 2013 lalu. OPAK atau OSPEK merupakan perkenalan awal mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus, seperti program akademik, sistem pekuliahan, sarana prasarana, kelembagaan mahasiswa, serta unit-unit kegiatan mahasiswa sebagai wadah pengembangan potensi dari berbagai kreatifitas individu mahasiswa.

“OPAK biasanya akan ditutup dengan acara Inaugurasi Akbar sebagai pengukuhan mereka yang telah menyandang status mahasiswa di kampus tercinta ini. Pada acara tersebut juga akan dilakukan pembagian sertifikat OPAK yang harus dimiliki setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana S1,” kata Didin kepada Sayangi.com, Senin (21/10)

Lebih lanjut Didin menjelaskan Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam inaugurasi serta pengambilan sertifikat yaitu:

  1. Acara Inaugurasi akbar ini hanya boleh diikuti oleh 4500 mahasiswa baru yang telah mengikuti acara OPAK pada tanggal 29-31 Agustus 2013.
  2. Mahasiswa yang diperkenankan mengambil sertifikat adalah mahasiswa baru tahun ajaran 2013-2014  yang telah memegang kupon sertifikat.
  3. Kupon sertifikat bisa didapat di BEM Fakultas masing-masing dibantu oleh panitia inaugurasi akbar DEMA.
  4. Sertifikat OPAK merupakan salah satu syarat sidang wisuda.
  5. Pengambilan sertifikat tidak dapat diwakilkan oleh siapapun.
  6. Untuk pengambilan sertifikatpun tidak dapat diambil diwaktu yang lain (hanya bisa diambil di acara Inaugurasi Akbar).
  7. Peserta inaugurasi wajib berpakaian sopan.

Dalam acara yang mengusung tema “Membangun nilai-nilai mahasiswa yang berfikir kreatif, bertindak lugas dan berjiwa Optimis” itu rencananya akan menghadirkan beberapa tokoh nasional untuk memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dijadwalkan akan menjadi salah satu narasmuber pada acara tersebut. (S2)