Polisi Tangkap 8 Pelempar Bom Molotov

Foto : smpn1gegesik.blogspot.com

Ciamis, Sayangi.com – Polisi Resor Ciamis berhasil menangkap delapan orang anggota berandalan bermotor pelaku pelemparan bom molotov hingga menyebabkan empat remaja terluka di kawasan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Komplotan pelempar bom molotov ini sempat menjadi buron, setelah melakukan aksinya di Kawali, 12 Oktober lalu,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana saat ekspose pengungkapan pelaku pelemparan bom molotov di markas polres setempat, Senin (21/10).

Ia menuturkan, delapan orang yang ditangkap itu merupakan anggota berandalan bermotor bernama Brigez dan GBR yang sengaja melemparkan bom molotov pada kelompok bermotor lainnya.

Para pelaku yang sempat bersembunyi dari pengejaran polisi itu, kata Witnu berhasil ditangkap di berbagai tempat di wilayah Ciamis dan luar kota yakni Cirebon.

“Usai melakukan aksinya itu para pelaku kabur, namun akhirnya berhasil kami tangkap diberbagai tempat diantaranya di Ciamis dan Cirebon,” katanya.

Ia mengungkapkan, delapan pelaku tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam rencana aksi pelemparan bom tersebut.

Ia menjelaskan, para pelaku ada yang berperan mengawasi lokasi, pelempar dan pembuat bom molotov, dan hanya mengendarai sepeda motor.

“Dari delapan orang itu hanya satu orang sebagai otak pelaku pelemparan bom dan membuat bom molotov di rumahnya,” jelas Witnu.

Sementara itu tujuan para pelaku melakukan aksi melempar bom karena adanya persaingan antar-kelompok bermotor atau lawan kelompoknya yakni Brigez dan XTC.

Para pelaku ditahan di markas Polres Ciamis untuk pemeriksaan hukum lebih lanjut dan dijerat undang-undang darurat dengan ancaman kurungan lima tahun penjara.

“Pelaku dijerat Undang-Undang darurat karena membawa senjata tajam dan diancam lima tahun penjara,” katanya. (MD/Ant)