Beri Penyadaran Lingkungan, Menhut Dialog dengan Murid SD

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta,Sayangi.com – Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan menggelar dialog dengan 234 murid Sekolah Dasar (SD) yang di dampingi oleh 24 guru dari 11 Sekolah Dasar dari Jakarta dan Bogor, 1 Pondok pesantren dan 1 penggiat lingkungan sahabat alam.

Dalam Dialog antara Menhut dengan anak sekolah dasar tersebut, Zulkifli sempat menceritakan pengalamannya waktu kecil di kampungnya semasa dia sekolah. Menurutnya, anak sekolah sekarang kalau dilihat keren-keren, pakai sepatu bagus, celana bagus dan bajunya pun bagus. Hal itu berbeda dengan yang ia alami dahulu.

“Saya dulu sekolah tidak pakai sepatu (nyeker) jadi tidak ada kaos kakinya, tidak ada sepatunya. Bajunya juga dicuci dikeringkan, terus dipakai lagi. Kadang tidak salin-salin” ujar Zulkifli kepada¬† anak-anak SD saat menceritakan pengalamannya di pelataran Gedung Kemenhut, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2013).

Selain itu, dia menceritakan waktu sekolah SD, sekolah dari rumah jalan kaki kira-kira jarak 6 kilometer. Bahkan melalui hutan yang lebat.

“Tiap hari pergi jalan kaki pulang jalan kaki, lewat sembilan desa jarak antara 1 desa ke desa yang lain itu ada hutannya masih lebat,”katanya.

Dia menambahkan, kalau jalan menyusuri hutan kadang ada babi, melihat monyet, ular, malah kadang ketemu dengan  harimau. Namun, lanjut dia, sekarang kampungnya yang dulu terlihat hijau dan asri sekarang ini menjadi hancur akibat datangnya pengusaha hutan yang menebang pohon sembarangan, sehingga hutan tersebut menjadi hancur.

“Singkat cerita datanglah namanya pengusaha hutan, disitulah bencana datang. Hutan-hutan kita habis ditebang, sehingga sekarang kampung halaman saya yang dulu begitu hijau, hutannya banyak, sungai-sungainya bagus, kini hancur,” pungkasnya.

Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya mengenalkan kesadaran terhadap lingkungan dari usia dini.

“Kalau anak-anak saja sudah sadar terhadap lingkungan, pada kebersihan, sadar menjaga hutannya, maka Insyaallah masa depan Indonesia terhadap lingkungan kita, masa depan alam indonesia, masa depan alam dunia itu akan lestari,” kata Zulkifli

Pada kesempatan itu Zulkifli mengajak semua pihak mengembangkan penanaman pohon. Karena itu Menhut sudah kerja sama dengan Mendikbud agar memasukkan pelajaran-pelajaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan, menjaga hutan, menjaga air tidak dicemari, tidak memburu dan menyiksa satwa. (S2)