Seluruh PNS di Jaksel akan Diperiksa HIV/AIDS

gambar: bchdmi.org

Jakarta, Sayangi.com – Dua ribu PNS Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dan Lelaki Beresiko Tinggi (BLT) terjangkit HIV/AIDS akan diperiksa darahnya oleh Komisi Penanggulangan AIDS Jakarta Selatan pada akhir bulan Oktober ini.

Demikian disampaikan oleh kata Sekretaris KPA Jakarta Selatan, Ali Riza, mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap PNS dan PLT tersebut diberikan secara gratis melalui Voluntary Conseling and Testing (VCT) yang berlangsung sebulan hingga November.

“Ini sebagai Bulan Bakti VCT. Kami juga menjamin kerahasiaan relawan yang akan diperiksa darahnya sebagai sampel. Tujuannya membantu seseorang untuk secara dini mengetahui status HIV/AIDS,” kata Ali Riza saat dikonfirmasi Sayangi.com, Selasa (22/10).

Ali menjelaskan, dari hasil pemeriksaan KPA Jakarta Selatan itu nanti, pihaknya tidak akan mempublikasikannya, karena VCT sangat menjamin kerahasian relawannya. Jika pihak relawan positif terjangkit virus yang mematikan, maka akan ditangani Suku Dinas (Sudin) Kesehatan melalui Puskesmas Kecamatan yang sudah ditunjuk.

“Lima Puskesmas Kecamatan yang memiliki peralatan VCT dan poli Infeksi Menular Seksual (IMS) itu, Puskesmas Tebet, Pasar Minggu, Setiabudi, Cilandak dan Pancoran,” papar Ali.

Sementara untuk target pemeriksaan terhadap 2.000 LBT HIV, lanjut Ali, sudah ditentukan dari KPA DKI, yakni 10.000 LBT HIV untuk 5 wilayah. Jakarta Selatan sendiri sudah ada 400 relawan bantuan dari LSM peduli AIDS. Sisanya sekitar 1500 LBT HIV ditargetkan dari jajaran PNS Pemerintah Kota hingga Kecamatan dan Kelurahan.

Diketahui, hasil pendataan yang dilakukan KPA Jakarta Selatan pada 2012, ada 313 penderita HIV/AIDS, yakni 114 pengidap HIV dan 199 pengidap AIDS dengan mayoritas dari kalangan heteroseksual yang mengidap HIV, 79 orang dan 104 penderita AIDS. Ada pun dari golongan usia paling rentan di kelompok produktif (25 tahun hingga 54 tahun), yakni 99 penderita HIV dan 194 mengidap AIDS.

Berita Terkait

BAGIKAN