SBY, Mega, JK Hadiri Pernikahan Putri Sultan HB X

Foto: setkab

Yogyakarta, Sayangi.Com – Resepsi pernikahan orang penting, tamunya pun sudah tentu VVIP (very very important person). Begitulah yang terjadi pada resepsi pernikahan agung putri keempat  Sultan Yogyakarta Hamengkubuwono X, di Keraton Yogyakarta, Selasa (22/10).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono hadir pada  resepsi pernikahan tersebut, yang oleh Sultan HB X diakui merupakan perhelatan akbar karena merupakan penutup dari pernikahan kelima putrinya.  

Rangkaian acara pernikahan GKR Hayu dan KPH Notonegoro ini memang terlihat lebih mewah dibandingkan dengan pernikahan ketiga kakak dan adiknya yang sudah menikah terlebih dahulu. Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memimpin langsung ijab kabul putrinya di masjid Panepen Keraton Yogyakarta. 

Melalui akun Twitternya, @SBYudhoyono, SBY memasang foto saat memberikan selamat kepada kedua mempelai, GKR Hayu dan KPH Notonegoro.

Sebelumnya, Presiden SBY  dan Ani Yudhoyono, serta orang tua kedua mempelai dan tamu kehormatan lainnya menyaksikan prosesi upacara adat “Panggih” dan “Pondhongan”.

Selain Presiden SBY, pernikahan keraton ini dihadiri oleh para tamu VVIP lainnya seperti Wakil Presiden Boediono, mantan Presiden Megawati Soekarno Putri, mantan wakil Presiden Tri Sutrisno dan  Jusuf Kalla, para menteri,  dan sejumlah ketua lembaga tinggi negara. 

Hadir pula tiga pejabat teras UNDP (United Nations Development Programme) di New York, yang merupakan bos dari KPH Notonegoro. Juga Duta besar dari berbagai negara, termasuk walikota dari sister city dengan DIY seperti Tokyo dan Seoul.

Sejak tahun 2012 KPH Notonegoro tercatat bekerja sebagai management specialist di kantor pusat  UNDP di New York. Sebelumnya ( 2010–2012) dia adalah assistant country director UNDP Indonesia yang berkantor di Jakarta.

Usai menghadiri pernikahan, SBY dan rombongan langsung bertolak ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin, Presiden akan menghadiri peresmian proyek Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia, dan membuka Kongres Budaya Banjar (KBB) III Tahun 2013. Presiden SBY dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis, (24/10). (presiden.go.id)