Gempa 5,6 SR di Aceh, Puluhan Rumah Rusak Parah

Foto: Antara

Banda Aceh, Sayangi.com – Puluhan rumah rusak parah di desa Neubok Badeuk, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie akibat goncangan gempa tadi siang pukul 12.40 wib 5,6 SR, Selasa (22/10/2013).

Semua warga yang rumahnya rusak saat ini sudah mengungsi di Masjid terdekat.

Menurut penuturan salah seorang warga Kecamatan Tangse, Kariadi, kerusakan rumah tidak hanya terjadi di Neubok Badeuk, akan tetapi di desa Pulo Sunong di kecamatan yang sama juga mengalami kerusakan parah.

“Rumah Pak Bukhari itu retak-retak gak bisa dihuni lagi, karena memang tidak layak huni, hampir roboh,” kata Kariadi.

Pemilik rumah tersebut saat ini sudah mengungsi ke tempat saudaranya di desa tetangga, desa Pulo Kreung di kecamatan yang sama. “Sudah pindah ke rumah saudaranya,” tambahnya.

Kariadi juga menambahkan, kerusakan rumah menurut informasi yang diperoleh, kerusakan juga terjadi di desa Jambo Mie, Kecamatan Mane yang bertetangga dengan Kecamatan Tangse. Katanya, kerusakan di desa tersebut juga para. “Rumah di situ gak bisa lagi digunakan, rusak parah,” tukasnya.

Lanjutnya, warga yang rumahnya rusak juga telah mengungsi ke Masjid terdekat. Karena rumah mereka tidak bisa ditempati lagi. “Jumlah yang rusak parah belum diketahui,” tuturnya.

Sampai berita ini diturunkan, gempa susulan masih saja terasa di Kecamatan Tangse dan Mane. Kendati kekuatan gempanya kecil nyaris tidak terasa. “Masih ada terjadi gempa kecil-kecil, banyak warga mengungsi itu takut terjadi gempa susulan yang kuat,” tutupnya.

Berita Terkait

BAGIKAN