26.2 C
Jakarta
Selasa, 22 Agustus 2017

Pakai Sepatu Blusukan, Jokowi Batal Ikut Jakarta Marathon

Foto:

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, batal menjadi peserta Jakarta Marathon 2013 karena tidak mempersiapkan diri dengan matang. Semula, orang nomor satu di ibu kota ini berencana ikut memeriahkan acara bertaraf internasional yang pertama kali diadakan di Jakarta ini. Meski demikian, acara yang diikuti oleh 10 ribu peserta tetap berlangsung meriah.

Jokowi tiba di kasawan Monas sekitar pukul 05.30. Saat itu acara sudah dimulai baik yang Marathon 42 km, Half Marathon 21 km, 10 km, maupun 5 km. Dari gaya berpakain Jokowi terlihat tidak sporty. Terutama sepatu yang biasa di pakai untuk blusukan. Sepatu Jokowi tampak berjenis kulit berwarna cokelat dengan sol warna putih bergaya casual.

“Tidak ikut, hanya lihat-lihat saja,” kata Jokowi, di sela-sela acara Jakarta Marathon 2013, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (27/10).

Diakui Jokowi, dirinya tidak memiliki persiapan yang matang untuk mengikuti Jakarta Marathon. Terlebih pada Sabtu (26/10) kemarin, dirinya baru saja memberikan kuliah umum di Solo dan Yogyakarta. “Semalam saya baru sampai dari Yogya, jadi tidak ada persiapan,” ujarnya.

Meski demikian Jokowi ikut memeriahkan Jakarta Marathon 2013 dengan berlari bersama anak-anak dalam Maratoonz yakni lomba lari khusus anak usia lima hingga 10 tahun.

Aksi Jokowi dalam Maratoonz itu tak disangka-sangka sebelumnya. Saat segerombolan anak mulai berlari, tiba-tiba terlihat Jokowi yang juga ikut berlari di tengah kerumunan peserta Maratoonz, dengan diikuti oleh para pengawal dan ajudan dibelakangnya.

Melihat hal tersebut, sontak seluruh pengunjung yang tengah menyaksikan lomba itu tertawa sembari menyemangati Gubernur Jakarta yang sedang sibuk menyesuaikan langkah dengan anak-anak.

“Ayo lari, Pak Jokowi! Lari yang semangat, pak!” kata Aris (28), salah seorang pengunjung yang sedang menyaksikan jalannya lomba.

Namun, aksi Jokowi berlari bersama anak-anak itu tidak berlangsung lama. Setelah menempuh jarak kurang lebih 250 meter, Jokowi berbelok keluar dari arena perlombaan menuju mobilnya yang telah menunggu di Silang Timur Monas.

Jokowi melangkah masuk ke mobilnya dan langsung meninggalkan kawasan Monas.

Acara sendiri dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Parekraf, Sapta Nirwandar, dan Deputi Gubernur Bidang Parisiwata DKI Jakarta, Sylviana Murni.

Bersama dengan Menteri Parekraf Elka Mari Pangestu, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, serta Menteri Perdagangan Gita Wirjawan. (ant)