Hidden Park Hadir di Taman Kota Tebet

Foto: Sayangi.com/Emil Ondo

Jakarta, Sayangi.com – Setelah sukses memicu inspirasi di Taman Langsat, Kebayoran Baru tahun lalu, kini “Hidden Park” hadir di Taman Kota Tebet Jakarta Selatan, Minggu (27/10/2013). Momentum ini bertepatan dengan Hari Penataan Ruang 2013.

Taman yang berstatus sebagai Taman Lingkungan ini dibangun pada 2010 dan memiliki luas 2,6 hektar dengan berbagai fasilitas playground, jogging, dan lain sebagainya.

Lokasi di dekat hunian dan sekolah serta kondisi taman yang baik menjadikannya strategis untuk pelaksanaan kampanye perlunya ruang terbuka hijau di tengah kota.

Hidden Park merupakan suatu kampanye pengaktifan taman kota sebagai ruang publik kreatif sehingga menciptakan pengalaman baru berinteraksi dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

RTH berfungsi menyaring polusi kendaraan bermotor dan menyerap kelebihan air di musim hujan menjadi air tanah sehingga menyokong kualitas hidup di perkotaan.

Luas RTH Publik Jakarta baru mencapai 10% dan masih jauh dari minimal tata ruang kota (UU No.26/2007/tentang penataan Ruan) yaitu sebesar 20% untuyk TRH Publik dan 10% untuk RTH Privat.

Pemerintah Propinsi DKI Jakarta telah berkomitmen untuk melakukan perluasan RTH secara fisik.

Selain fungsi ekologis, RTH terutama taman kota menyimpan segudang mamfaat diantranya sebagai ruang rekreasi dan sosialisasi.   (RH)

Berita Terkait

BAGIKAN