Bank Ekonomi Beri Perempuan Dewasa di Jakbar Wawasan Keuangan

Jakarta, Sayangi.com – PT Bank Ekonomi Raharja Tbk (Bank Ekonomi) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Wanita (PPSW) Jakarta memberikan pelatihan keuangan kepada perempuan dewasa di Jakarta Barat untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan dasar.

“Melalui program ‘financial literacy ini’, para peserta yang mayoritas adalah ibu-ibu rumah tangga belajar bagaimana cara mengelola keuangan keluarga sehingga diharapkan dapat menciptakan kondisi keuangan keluarga yang lebih baik,” kata Direktur Keuangan Bank Ekonomim Helena Suryawani dalam keterangan tertulis Bank Ekonomi yang diterima di Jakarta, Minggu (27/10/2013).

Pelatihan keuangan tersebut diberikan kepada 120 peserta yang berasal dari Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Pelatihan yang melibatkan pengurus koperasi Sahabat Perempuan dan warga dari tiga Rukun Warga (RW) di Kecamatan Tambora tersebut berlangsung pada Jumat (25/10/2013).

Menurut Helena, program pelatihan itu merupakan program lanjutan dari program Jemari Dalam Karya yaitu program pemberdayaan ekonomi yang telah dijalankan sebelumnya di Tambora dengan melibatkan 50 anggota Koperasi Sahabat Perempuan di Tambora.

Kecamatan Tambora merupakan salah satu daerah dengan tingkat kepadatan penduduk paling tinggi di DKI Jakarta yaitu 43.789 jiwa per kilometer persegi. Kondisi ini ditambah dengan kurangnya keterampilan/keahlian warga yang mengakibatkan angka penggangguran semakin meningkat.

Direktur PPSW Jakarta Tri Endang Sulistyowati menyebutkan pengelolaan keuangan menjadi penting bagi para peserta karena mereka akan menjadi agen perubahan di keluarga masing-masing dan lingkungan sekitar mereka.

“Dukungan dari berbagai pihak, seperti yang telah dilakukan oleh Bank Ekonomi, sangat diharapkan karena dengan kolaborasi semacam ini kita dapat bersama-sama menciptakan Indonesia yang lebih baik,” kata Tri Endang.

Sementara itu Bank Ekonomi dalam menjalankan kegiatan bisnisnya berpegang pada aspek-aspek keberlanjutan. Salah satunya yang ditunjukkan melalui dukungan dan partisipasi aktif dalam berbagai program kemasyarakatan yang berfokus pada tiga pilar, yaitu pendidikan, lingkungan dan kesejahteraan sosial.

Bank Ekonomi merupakan bank yang 98,94 persen sahamnya dimiliki oleh HSBC Asia Pacific Holdings (UK) Limited selaku anak perusahaan dari HSBC Holdings Plc. Bank ini memiliki kantor cabang di 31 kota di Indonesia.

Sementara itu PPSW merupakan salah satu LSM Perempuan di Indonesia yang mengembangkan dan mendampingi kelompok-kelompok perempuan yang berdiri sejak 1986. Tujuan utama PPSW Jakarta adalah pemberdayaan perempuan khususnya yang berada di strata sosial ekonomi terendah dalam masyarakat yang terkonsentrasi di daerah kumuh perkotaan.

Sejak April 2005 PPSW berubah menjadi sebuah organisasi asosiasi yang beranggotakan empat Lembaga otonom. PPSW Jakarta sebagai salah satu Lembaga anggota, hingga saat ini telah mendampingi 7.501 orang perempuan yang tergabung dalam 295 kelompok/koperasi yang berada di 28 kelurahan dari 18 Kecamatan.