Pesona Batu Berlayar di Tanah Belitung

Foto: KakiGatel

Sayangi.com – Pulau Batu Berlayar merupakan salah satu paket pulau yang wajib dikunjungi di kepulauan Belitung Barat. Jaraknya juga dekat dengan Tanjong Kelayang dan Tanjong Tinggi, sekitar 20 menit menggunakan kapal motor.

Namanya konon berasal dari bentuk bebatuan tingginya yang menyerupai layar kapal. Di pulau ini mayoritas habitatnya adalah bebatuan granit, pasirnya hanya sedikit karena ditumbuhi bebatuan raksasa yang membentuk seperti tebing, bahkan ada yang berbentuk seperti alat kelamin pria.

Starfish atau bintang laut akan banyak anda jumpai di pesisirnya. Tidak perlu khawatir menginjaknya saat anda turun dari kapal, karena struktur pasirnya yang seperti tepung, bintang laut akan ikut amblas sedalam pasir yang kita injak. Tidak hanya bintang laut, beberapa jenis hewan karang yang unik berkeliaran di sekitarnya, termasuk si hitam, bulu babi. Pulau ini juga tidak berpenghuni, tetapi juga sangat baik untuk pilihan berkemah.

Dari pusat kota anda bisa mengakses kendaraan anda menuju Tanjung Kelayang atau Tanjong Tinggi, karena dua tanjongan tersebut merupakan dermaga paling laris dan terdekat menuju pulau tersebut. Perjalanan dilanjutkan dengan kapal motor, sebagai satu-satunya akses menuju pulau tersebut. Harga sewa kapal berkisar 300 hingga 350 ribu perhari, itu belum termasuk sewa pelampung atau alat snorkling.

Lor in Resort di Tanjong Tinggi atau Kelayang Cottage di Tanjung Kelayang menjadi pilihan tepat untuk kenyamanan istirahat anda. Warung-warung kecil di pesisirnya juga bisa jadi pilihan anda dengan budget, atau jika anda yang hobi kemah, bisa berkemah di pulau Batu Berlayarnya.

Restoran di Lor in Resort atau restoran di Kelayang Cottage menawarkan menu-menu spesial dan beragam untuk citarasa lidah anda, baik yang khas Belitung ataupun gaya masakan mediteranian. Untuk anda yang berbudget bisa memuaskan diri di beberapa warung makan kecil di pesisir dua tanjungan tersebut. (VAL)