Kiwi Cegah Asma Hingga Obati Diabetes

Sayangi.com – Buah kiwi adalah sejenis buah beri asal Negeri Tirai Bambu. Awalnya kiwi bernama gosberi cina, kemudian pada tahun 1950 namanya pun berubah menjadi kiwi.

Buah yang namanya diambil dari nama seekor burung yang tidak bisa terbang di Selandia Baru ini selain nikmat dan segar, juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk. Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah kiwi.

Mencegah asma
Kiwi diketahui dapat melindungi anak-anak dari gejala kesehatan pernapasan yang terkait dengan asma, seperti misalnya, mengi dan batuk. Kiwi bisa meningkatkan kesehatan fungsi paru-paru dengan baik. Dalam buah kiwi mengandung beberapa vitamin yang mampu mencegah penyakit asma seperti misalnya, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Mempertahankan kesehatan jantung
Sebuah studi menunjukan bahwa mengonsumsi 2-3 buah kiwi setiap hari dapat membantu mengurangi pembekuan darah, serta menurunkan kadar lemak dalam darah yang diketahui menjadi pemicu dari sebagian penyakit jantung.

Meningkatkan zat besi dalam tubuh
Anak-anak yang tumbuh dengan asupan zat besi rendah dapat mendertita anemia. Buah kiwi bisa menjadi solusinya, karena memiliki sekitar 0,31mg zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan kulit
Buah kiwi mengandung lebih banyak kalium daripada buah pisang, dan lebih banyak vitamin C daripada jeruk serta kaya akan vitamin E dan asam lemak essensial, yang diketahui penting untuk perawatan kulit.

Baik bagi ibu hamil
Rata-rata ibu hamil diketahui membutuhkan 0,4-0,8mg asam folat untuk perkembangan otak dan mencegah cacat saraf pada bayi (sebelum dan sesudah kehamilan). Folat memproduksi dan memperbaiki kerusakan pada DNA serta membantu mutasi sel yang cepat dalam pertumbuhan janin. Buah kiwi diketahui memiliki sekitar 0,25mg asam folat, yang cocok bagi ibu hamil.

Menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah kembung
Kiwi hijau mengandung actinidin (enzim alami yang memecah protein), serat yang membantu membersihkan sistem pencernaan, dan vitamin C yang mencegah kembung setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan protein serta memfasilitasi pertumbuhan bakteri baik.

Baik bagi penderita diabetes
Kandungan serat yang tinggi pada buah kiwi serta memiliki kandungan glisemik yang rendah menjadikan buah kiwi pilihan terbaik bagi pasien diabetes, karena dapat mencegah peningkatan kadar gula darah. Buah kiwi juga sangat baik untuk membantu program penurunan berat badan bagi mereka penderita diabetes tipe-2. (VAL)