Tambora, 10 Bulan, 40 Kebakaran, Siapa Salah?

Foto: sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Kebakaran sudah bukan hal baru di Jakarta, terutama di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Di daerah ini, dalam 10 bulan saja sudah terjadi 40 peristiwa kebakaran.

Hal ini langsung diakui Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI Jakarta, Subejo. Oleh karena itu, kini pihaknya mengoptimalkan sosialisasi dan pemberdayaan warga dengan pembentukan Satgas Penanggulangan Kebakaran di wilayah Tambora.

Kegiatan sosialisasi yang menggandeng Djarum Foundation dan dilakukan di RW 10 dan RW 12 Kecamatan Tambora. Terlebih, di daerah ini dikenal banyak terdapat usaha konveksi yang rawan kebakaran.

“Sejak Januari hingga Oktober tahun ini saja sudah 40 kasus kebakaran terjadi di Kecamatan Tambora. Jumlah ini tergolong cukup tinggi dibanding wilayah lainnya di Jakarta. Makanya kami bentuk Satgas Penanggulangan Kebakaran di wilayah ini,” ujar Subejo, Senin (28/10/2013).

Sedangkan pada tahun 2012, sambung Subejo, di wilayah Kecamatan Tambora terjadi 56 kasus kebakaran. Dari jumlah itu, sebanyak 46 kebakaran berhasil dipadamkan oleh warga. Kemudian, pada tahun ini, dari 40 kasus kebakaran yang terjadi, 26 diantaranya berhasil dipadamkan warga.

“Melalui sosialisasi dan pembentukan satgas diharapkan jumlah peristiwa kebakaran di Kecamatan Tambora terus menurun,” katanya, dinukil dari situs resmi Pemprov DKI.

Sementara itu, Program Manager Sumbangsih Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan menuturkan, sosialisasi dan pembentukan satgas di Kecamatan Tambora sudah dilakukan di delapan kelurahan di wilayah tersebut.

Selain menggelar sosialisasi, tambah Budi, pihaknya juga memberikan bantuan alat pemadam kebakaran berupa 26 unit alat pemadam kebakaran ringan (Apar), 26 fireblanket dan 2 alat pemadam kebakaran beroda untuk RW 10 da RW 12 Kelurahan Pekojan.

Berita Terkait

BAGIKAN