Dilarang Main Facebook, Remaja 17 Tahun Nekat Gantung Diri

Foto/Ilustrasi : theepochtimes.com

India, Sayangi.com – Menjadi sebuah media sosial paling laris, facebook membuat penggunanya bunuh diri. Aiswarya Dahiwal, remaja berusia 17 tahun gantung diri karena dilarang orangtuanya mengakses Facebook. Dahiwal diminta meluangkan waktu untuk belajar dibanding harus menelpon atau bermain facebook saja.

Kedua orangtua Dahiwal meminta putri mereka meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar ketimbang mengakses media sosial. Mereka juga mengkritik kebiasaan Dahiwal yang terlalu lama menghabiskan waktu untuk menelepon temannya menggunakan ponsel.

Dahiwal terlibat cekcok dengan orangtuanya. Hari Rabu dia minta izin orangtuanya untuk mengakses Facebook. Tapi permintaan itu ditolak orangtua Dahiwal. Sebelum gantung diri, Dahiwal menulis pesan terakhir yang ditinggalkan Dahiwal di kamar tidurnya. kedua orangtua Dahiwal menemukan sebuah pesan kematian yang menyebut alasan remaja itu bunuh diri, yakni karena tak diizinkan mengakses Facebook.

Menurut laporan polisi, dalam pesan itu Dahiwal mengatakan tak tahan terhadap semua pembatasan yang diberlakukan orangtuanya. Yang terpenting, dia mengatakan tak dapat hidup tanpa Facebook.

Sunil, ayah Dahiwal, kepada harian Wall Street Journal, mengatakan sangat terpukul dengan kejadian ini. Ia tak menyangka putrinya senekat itu akan melakukan bunuh diri hanya karena tak diperbolehkan mengakses facebook.

Menurut laporan Wall Street Journal, dari sebuah survei diungkapkan hampir 92 persen siswa SMA lebih senang mengakses Facebook ketimbang berkomunikasi secara langsung.

Aksi bunuh diri di India pun dilaporkan meningkat. Sebanyak 16.112 orang meregang nyawa tahun lalu dengan cara bunuh diri. Ini menempatkan India sebagai negara dengan angka bunuh diri tertinggi kedua di dunia. (FIT/Wallstreetjournal)