Rencana Buka Pantai Bugil, Korsel Dikecam Protes

Foto: cnn.travel.com

Gangwon, Sayangi.com – Tak hanya terkenal karena film drama, Korea Selatan juga makin populer dengan destinasi wisatanya. Upaya untuk memajukan aset pariwisatanya pun nampak tak tanggung-tanggung, Korea Selatan akan menggelar wisata pantai dengan tema nude beach. Dimana setiap pengunjung bisa berbugil ria dikawasan pantai tersebut.

Dilansir dari CNN.com, ide pembuatan pantai bugil yang menurut rencananya akan dibuka pada tahun 2017 mendatang ini diungkapkan langsung oleh salah satu departemen pemerintah di provinsi Gangwon bernama East Sea-Rim Headquarters (ESRH). Meraka berdalih bahwa rencana tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memajukan pariwisata Korea Selatan.

“Ini adalah bagian dari rencana kami untuk menciptakan pantai dengan tujuan tertentu. Seperti pantai untuk keluarga, pantai untuk pasangan, pantai untuk hewan peliharaan, dan ya, pantai telanjang,” kata seorang pejabat dari Divisi Kelautan dalam seminarnya pada hari Selasa, dilansir dari Korea Times.

Namun sayangnya, seperti pada rencana-rencana nyeleneh sebelumnya, rencana membuka pantai nudist ini pun mendapat kecaman dan protes keras dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat sekitar.

Rupanya, ini bukan ide pertama pihak-pihak terkait dalam membuka tempat-tempat pariwisata sejenis. Pada tahun 2005 silam, pemerintah setempat juga telah menyusun rencana peluncuran lokasi wisata pantai nudist khusus perempuan. Namun akhirnya rencana pembukaan tersebut dibatalkan karena kemarahan publik yang makin besar. Pada 2009 kejadian yang sama juga terjadi dengan Pulau Jeju.

Aksi-aksi protes terus dilancarkan, baik aksi protes langsung hingga aksi protes diberbagai media sosial seperti twitter. “Sangat diragukan sekali jika orang-orang akan benar-benar pergi kesana, jikalau pun iya, 99.99% pastilah pria semua,” ujar seorang pengguna twitter berakun @amudon.

Lainnya ada kicauan dari pengguna twitter berakun KR_Nanoha berbunyi “Kenapa tidak sekalian saja disebut sauna khusus pria,” kicaunya.

Nude Beach sendiri dikenal sebagai pantai telanjang, dimana para turis bebas untuk tak mengenakan pakaian sehelai benangpun Kawasan pantai jenis ini merupakan favorit liburan para penganut paham naturalisme. Mereka beranggapan bahwa aksi nudistnya tersebut merupakan aksi bersatu dengan alam.

Memang belum ada kepastian pantai mana yang akan ditunjuk sebagai lokasi pantai bugil nanti. Namun dari kabar yang beredar, pantai di Gangwon yang menjadi pilihan. Konon pantai di Gangwon terkenal dengan pantai berpasir putih nan halus dan diyakini dapat meningkatkan jumlah kunjungan turis, terutama turis nudist. (FIT)