DKI Data Anak Jalanan & Korban Kebakaran

Foto: fayakhun.com

Jakarta, Sayangi.com – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Provinsi DKI Jakarta akan mendata korban bencana alam di DKI Jakarta dan anak jalanan yang berada di panti sosial. Hal itu dilakukan untuk mengakurasikan database penduduk yang bermukim di Jakarta secara akurat dan tepat.

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan melakukan pendataan sebanyak 4.431 orang terlantar seperti anak jalanan yang berada di panti sosial, korban bencana alam di Jakarta,” kata Kabid Pendataan Penduduk DKI Jakarta, Sapto Wibowo, kepada wartawan di Balaikota DKI, Sabtu (2/11).

Menurut Sapto, penduduk tersebut merupakan warga yang mengalami hambatan memperoleh kartu identitas, yang diakibatkan mereka terkena bencana kebakaran maupun korban sosial lainnya. Mereka akan mendapat skala prioritas dalam pendataan.

“Mereka memiliki keterbatasan tertentu dalam mengurus administrasi kependudukannya. Karenanya, setiap orang terlantar dan anak jalanan yang berada di panti sosial, korban bencana alam berhak mendapatkan hak yang sama,” jelas Sapto.

Sapto menuturkan bahwa penduduk tersebut nantinya akan mendapat fasilitasi SKPTI (Surat Keterangan Pengganti Tanda Identitas) bagi korban bencana, SKOT (Surat Keterangan Orang Terlantar) bagi orang terlantar, SKPS (Surat Keterangan Pencatatan Sipil), dan bagi korban bencana membuat pencatatan akte dan SKTK (Surat Keterangan Tanda Komunitas) kepada warga komunitas terpencil yang telah didata. (GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN