Al Qaida Bangkit, Obama Janji Bantu Senjata ke Irak

VOA

Washington, Sayangi.Com –  Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berjanji akan membantu Irak  untuk mengusir al-Qaida yang kembali bangkit.

“Al-Qaida mengancam seluruh kawasan Timur Tengah dan juga mengancam Amerika,” kata Obama dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki di Gedung Putih, Washington DC, Jumat (1/11) waktu setempat.

PM Irak Maliki tengah mengalami kesulitan untuk menyatukan negaranya karena kekerasan antara kelompok Sunni dan Syiah, yang kian mengancam situasi politik di Irak dan bisa berubah menjadi perang saudara. Kebangkitan Al-Qaida di Irak yang pro kelompok Sunni dilaporkan telah memperparah situasi itu.

Maliki mengatakan, pemerintah Irak berkomitmen untuk mengadakan Pemilu tahun depan, karena menurutnya penguatan demokrasi di Irak memungkinkan pemerintah memerangi terorisme.

Kunjungan Perdana Menteri Maliki ke Amerika Serikat dilakukan dua tahun setelah pasukan Amerika ditarik keluar dari Irak, antara lain, karena permintaan Maliki agar mereka pergi.

Gedung Putih mengatakan bantuan lanjutan ke Irak diperlukan, termasuk rencana pengiriman jet tempur F-16 tahun depan. Tetapi sebagian anggota Kongres AS mempertanyakan kebijakan bantuan militer tersebut. (VOAIndonesia)