Waspada Penggunaan Gadget pada Anak

Foto/Ilustrasi : Huffpost.com

Jakarta, Sayangi.com – Saat ini gadget memang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang agak sulit untuk dipisahkan dari aktivitas kita, tak terkecuali anak-anak kita. Namun, tak hanya sisi positiv yang bisa kita ambil, gadget juga dipastikan menimbulkan dampak negatif untuk anak-anak kita.

Gadget memang memungkinkan membantu anak anda dalam mengerjakan berbagai tugas dari sekolahnya sekaligus sebagai sarana rekreasi murah dengan banyaknya permainan yang bisa didownload. Namun apakah anda tahu bahwa dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak juga dapat mengarah ke hal yang negatif? Berikut dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat anak terkontaminasi gadget.

• Penurunan konsentrasi anak
Apabila anak anda terlalu asyik dengan gadgetnya, maka secara otomatis akan mengakibatkan penurunan konsentrasi terutama dalam hal belajar ataupun ketika menerima pelajaran di sekolah. Biasanya ketika anak sudah asik dengan gadget, maka yang dipikirkannya hanyalah memainkan gadget dan anak cenderung malas untuk konsentrasi ke hal-hal lain selain gadget itu sendiri.

• Mengakibatkan ketergantungan
Ketika anak asik dengan gadgetnya maka akan menciptakan pola ketergantungan yang sangat besar terhadap benda tersebut. Akan sangat sulit untuk anak apabila suatu saat dia tidak menggunakan gadget lagi, maka ia akan sulit melakukan pekerjaannya. Selain itu tampilan gadget yang memang menarik membuat anak malas untuk mengembangkan imajinasinya. Walaupun keberadaan gadget membuat segala sesuatunya menjadi mudah secara instan, namun, situasi ini akan mengakibatkan dirinya tergantung dan tak punya tantangan untuk mengatasi problem yang dihadapinya. Ia malas untuk melakukan analisis persoalannya karena terbiasa dimudahkan oleh gadget.

• Menjadikan anak individual
Dampak gadget yang paling terasa nyata adalah penurunan yang sangat jelas terlihat pada anak dalam bersosialisasi. Kebanyakan anak yang terlalu asik dengan gadgetnya akan asik dengan dunianya sendiri dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, anakpun cenderung mencari teman melalui internet, tidak lagi mau mencari teman dan bermain dilingkungan sekitar dengan teman sebayanya.

• Pengaruh pada mata
Terakhir adalah dampak negatif dari penggunaan gadget yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu terletak pada mata. Penggunaan gadget pada perkembangan mata anak, berdasarkan hasil penelitian dapat memperberat kerja otot mata dalam mengatur fokus dan menimbulkan ketegangan mata. Inilah yang menjadi penyebab kelainan miopa pada mata anak, yang menyebabkan mata minus.

Jadi, awasilah penggunaan gadget pada anak. Anda pun harus bijak dalam memberikan anak-anak anda kuasa menjalankan teknologi termasuk gadget. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN