The Great Blue Hole: Goa Bawah Air yang Menakjubkan

Foto: tripworldtravelist.com

Belize City, Sayangi.com – Jika anda sedang berkunjung ke Amerika Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir ke kota Belize dan menikmati salah satu keajaiban alam yang sangat memukau. The Great Blue Hole atau lebih dikenal dengan lubang biru.

Blue Hole atau lubang biru sendiri adalah gua di bawah air atau juga disebut gua vertikal. Blue hole biasanya berbentuk lingkaran dan berdinding curam. Sirkulasi air blue hole yang sangat minim oksigen menyebabkan tidak mendukung adanya kehidupan di dalam lubang biru ini. Hanya sejumlah besar bakteri saja yang berkembang biak di dalamnya.

The Great Blue Hole ini terletak ditengah-tengah Belize Barrier Reef Reserve System, dimana merupakan kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar. Inilah yang menjadikan lingkaran yang memiliki diameter 300 meter serta kedalaman hingga mencapai 125 meter ini unik dan sangat indah untuk dilihat.

Blue Hole sendiri dipercaya terbentuk akibat naiknya air laut pada sekitar 65.000 tahun yang lalu. Perairan ini nampak seperti bola mata besar apabila dilihat dari atas.

Blue Hole yang terkenal dengan bentuknya yang hampir menyerupai lingkaran ini menjadi salah satu destinasi berkunjung para wisatawan baik dari dalam juga luar negeri.

Mereka yang singgah di Blue Hole tidak hanya untuk menikmati keindahan dari luar saja, melainkan juga melakukan scuba diving di lubang biru tersebut. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN