Liburan… Saatnya Wisata Kuliner Kaki 5 di Jakarta Selatan

Foto: inspirasikukeni

Jakarta, Sayangi.com – Singgahlah ke kawasan Jakarta Selatan jika ingin menikmati ragam kulineri yang tak hanya menyediakan resto atau cafe yang eksklusif melainkan juga kaya akan kuliner kaki lima yang sedap dan menggiurkan.

Mulailah untuk berburu bubur ayam Barito di bilangan Gandaria Tengah. Bubur ini adalah pilihan favorit bagi penggemar bubur sejak belasan tahun lalu. Buburnya yang gurih bukan kepalang, makin nikmat ditambah dengan daging ayam yang dipotong dadu, cakwe, bawang daun dan bawang goreng. Teksturnya kental, tak mudah berair, meski dibawa pulang. Jangan lupa juga menambahkan cheese stick sebagai pengganti kerupuk yang biasanya menghiasi bagian atas seporsi bubur.

Jika suka, tambah dengan telur ayam kampung mentah (yang dipakai hanya bagian kuningnya). Jangan khawatir, telur ayam akan matang berkat panasnya bubur yang masih mengepul.

Menyeberang sedikit dari lokasi bubur ini, ada gerobak pedagang tempe mendoan dan tahu slawi yang juga tak kalah ramai. Pesan tempe mendoannya untuk camilan Anda selama perjalanan pulang. Seporsinya berisi 4 buah, berbungkus daun pisang dan berteman seplastik kecil sambal kacang.

Belum puas dengan jajanan di bilangan Gandaria? Teruskan perjalanan ke kawasan Blok M yang kaya dengan kulinerinya. Adalah Soto Ayam Ambengan Cak Sholeh di Jalan Sampit. Seporsi soto dapat dinikmati hanya dengan Rp 14 ribu saja. Namun, jika ingin menambahkan jeroan ati dan ampela, anda hanya harus menambah Rp 2 ribu saja.

Kuah bening kekuningannya segar dan gurih dengan potongan daging ayam yang tak malu-malu. Lengkap dengan bubuk koya yang menjadi ciri khas sajian Jawa Timur ini. Perlu kesabaran jika datang saat jam makan siang, karena tempat duduknya selalu terisi penuh.

Jika tak terlalu suka soto dan ingin makan yang pedas bin segar, cobala melipir ke Ayam tangkap AR (Atjeh Rayeuk) di Ciranjang Blok M. Rasa pedas cabe hijaunya nendang bikin lidah kelonjotan tapi bikin pengen nambah nasi putih lagi dan lagi.

Usai di bilangan Blok M, coba mampir ke Cikajang. Penggemar satai Padang akan memburu Sate Padang Ajo Ramon yang berdiri sejak awal tahun ‘80-an dan menjadi langganan para pejabat dan selebritas.

Pilih satainya, ada daging, lidah, jantung, dan usus, atau campur saja semuanya. Disertai ketupat yang lembut dan siraman kuah kental panas dengan rasa rempah yang menonjok. Ambil kerupuk kulit, nikmati dengan bumbu satainya. Begitulah gaya makan satai ala urang awak. Mmmm…. besok hari Minggu. dan lakukan wisata kuliner ala kaki lima di Jakarta Selatan dengan sedikit referensi ini ya.. Happy Weekend. (FIT)