Ini Kata Mahfud Soal Sosok Ketua MK Baru

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD punya pandangan sendiri mengenai Ketua MK yang baru terpilih, Hamdan Zoelva. Menurut Mahfud, Hamdan merupakan pribadi yang cermat, tekun, dan penuh kehati-hatian.

“Kapasitasnya (Hamdan) saya lihat dia ini termasuk yang cermat, tekun, hati-hati juga potensial,tapi tentu plus minus setiap orang itu ada,” kata Mahfud usai jumpa pers di Kantor MMD Initiative di Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Mahfud pun tidak mau mempermasalahkan mengenai sosok Hamdan yang berasal dari partai politik. Bagi Mahfud, dengan terpilihnya Hamdan pada Jumat (1/11/2013) kemarin, status hakim konstitusi itu kini telah sah mempimpin MK.

“Secara yuridis konstitusional dia sudah terpilih secara sah dan kita tidak bisa mundur dari keadaan itu. MK sekarang sudah punya ketuanya sendiri,” jelas Koordinator Korps Alumni HMI (KAHMI) ini.

Mahfud juga tidak khawatir mengenai kredibilitas Hamdan meski berasal dari partai politik. Menurut pria kelahiran Madura ini, latar belakang partai politik tidak mempengaruhi moralitas dan kredibilitas seseorang, apakah ia bisa profesional dalam menjalani amanah sebagai Ketua MK atau tidak.

Seperti diketahui, Hamdan Zoelva terpilih sebagai Ketua MK periode 2013-2016 pada Jumat (1/11/2013). Ia menggantikan posisi Akil Mochtar yang tertangkap tangan saat menerima suap terkait posisinya sebagai Ketua MK.

Dalam pemilihan yang berlangsung tertutup itu, Hamdan terpilih dengan mengantongi lima suara. Sedangkan lawannya dalam pemilihan Ketua MK, yakni Arief Hidayat mendapatkan tiga suara, dari delapan total pemilih. Dengan hasil tersebut, Hamdan dinyatakan sebagai Ketua MK terpilih.