Pemerintah “Diam Saja”, Kadin Mulai Cemas ….

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Hingga hari ini, belum ada solusi yang bisa mempertemukan keinginan pengusaha dan buruh, karena rencana mogok masih jadi agenda berkelanjutan, selama permintaaan kenaikan gaji buruh tak terpenuhi, di berbagai daerah.

Melihat hal itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ingin adanya solusi yang memuaskan semua pihak, terkait maslaah pengupahan di berbagai daerah. “Kami ingin ada solusi yang ‘win-win’, bisa diterima semua pihak, terutama perusahaan dan pekerja,” demikian keterangan tertulis Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto, yang dirilis Minggu (3/10) ini. Kata Suryo, semua pihak terkait pengupahan harus kembali pada peran dan fungsi tripartit.

Kalangan pengusaha, ujar dia, tidak menginginkan adanya investor yang melakukan hal-hal yang merugikan misalnya melakukan pemindahan ke negara lain hingga sampai menutup kegiatan usahanya. Pelaku industri banyak yang merasa cemas dan mengkhawatirkan permintaan kenaikan upah buruh yang dinilai akan menghambat aktivitas perekonomian industri.

Stabilitas dalam menjalankan bisnis itu sendiri dinilai oleh banyak pihak merupakan aspek kunci bagi kalangan industri untuk mempertahankan operasional mereka. (MSR)