Arsenal Unggul Lima Angka di Puncak Klasemen

Foto: Arsenal

London, Sayangi.com – Arsenal kembali menegaskan tekad mereka untuk meraih gelar pada Sabtu melalui kemenangan impresif 2-0 atas Liverpool, yang membuat mereka unggul lima angka bersih di puncak klasemen Liga Utama Inggris.

Arsene Wenger telah melihat timnya dikalahkan Borussia Dortmund dan Chelsea pada dua pertandingan kandang mereka sebelumnya, namun mereka berhasil unggul melalui gol-gol dari Santi Cazorla dan Aaron Ramsey untuk mengonfirmasi peran mereka sebagai tim untuk ditaklukkan.

Liverpool tiba di Stadion Emirates sambil berharap dapat menggeser Arsenal dari puncak klasemen, namun tuan rumah membuka keunggulan pada menit ke-19 ketika sepakan Cazorla bersarang di gawang tim tamu setelah sundulan sebelumnya mengenai tiang gawang.

Ramsey menambahi gol kedua pada menit ke-60 melalui sepakan keras setengah voli menuju sudut kiri atas dari jarak 24 meter, untuk membuat dirinya telah mencetak sepuluh gol pada musim ini di semua kompetisi.

Luis Suarez menyia-nyiakan dua peluang yang dimiliki tim tamu, namun Arsenal mampu mengamankan hasil maksimal untuk memperbesar selisih mereka dengan tim peringkat kedua Chelsea dan tim peringkat ketiga Liverpool menjadi lima angka.

“Ini merupakan kemenangan meyakinkan melawan tim yang bagus dan inilah yang kami inginkan,” kata pelatih Arsenal Wenger.

Penampilan ini dipicu oleh kemenangan meyakinkan Manchester United, namun Wenger mengecilkan signifikansi keunggulan awal yang dimiliki timnya.

“Ini positif dan bagus, namun tentu saja sangat dini pada musim ini,” ucapnya kepada Sky Sports.

“Ini bagus untuk kepercayaan diri tim dan ambisi, dan mudah-mudahan ini membuat semua orang di sekitar tim untuk mendukung kami dan meneruskannya.” United menjaga momentum terkini mereka dengan meraih kemenangan 3-1 atas Fulham di Craven Cottage untuk mencatatkan kemenangan keempat berturut-turut di semua kompetisi.

Pasukan David Moyes secara efektif mengamankan pertandingan pada 22 menit melalui gol-gol dari Antonio Valencia, Robin van Persie, dan Wayne Rooney.

Alex Kacaniklic memperkecil ketinggalan Fulham pada menit ke-65 melalui tembakan yang berubah arah karena mengenai Rooney, namun sang juara bertahan memastikan kemenangan yang mendongkrak mereka sehingga hanya berjarak dua angka dari empat besar.

“Ini selalu menjadi tim saya sejak saya mengambil alih dari Sir Alex Ferguson,” kata pelatih United Moyes.

“Memerlukan waktu untuk beradaptasi dan itulah yang terjadi pada kami, namun United biasanya melakukan start yang lambat dan semakin membaik seiring berjalannya musim.” City masuk ke zona Liga Champions setelah bangkit dari kekalahan 1-2 di markas Chelsea pada akhir pekan silam dengan menaklukkan Norwich City 7-0 di Stadion Etihad.

Pelatih City membangku cadangkan kiper Joe Hart setelah sang pemain melakukan serangkaian blunder, namun ia melihat timnya unggul 4-0 melalui gol bunuh diri Bradley Johnson, dan upaya-upaya David Silva, Matija Nastasic, serra Alvaro Negredo.

Yaya Toure menambahi gol kelima melalui tendangan bebasnya pada menit ke-60, sebelum Sergio Aguero memperbesar keunggulan timnya pada menit ke-71, dan pemain pengganti Edin Dzeko mencetak gol ketujuh.

“Kami sangat tidak gembira ketika kami kalah dari Chelsea, namun kami tidak layak kalah pada pertandingan itu,” kata Pellegrini, yang timnya menguntit Arsenal dengan selisih enam angka.

“Maka kami terus bermain dengan cara yang sama. Norwich tidak memiliki peluang untuk mencetak gol, kami mencetak tujuh gol dan dapat mencetak lebih banyak gol.” Chelsea hanya dapat menyaksikan kemenangan rival-rivalnya setelah mereka secara tidak terduga takluk 02 di markas Newcastle United, pada pertandingan yang dimainkan paling awal.

Upaya kapten Chelsea John Terry membentur mistar gawang dan sundulannya berhasil disapu sebelum melewati garis gawang pada babak pertama, namun Newcastle mampu mengamankan tiga angka melalui sundulan Yoan Gouffran pada menit ke-68 serta sepakan Loic Remy.

“Saya tidak menyukainya. Saya pikir kami layak kalah,” kata pelatih Chelsea Jose Mourinho kepada BT Sport.

“Kami memiliki beberapa peluang bagus untuk mencetak gol penyama kedudukan, namun mereka lebih baik di pertandingan ini daripada kami, mereka berjuang lebih keras daripada kami dan mereka lebih berkomitmen daripada kami.” Hari ini juga menjadi saksi gol aneh dari kiper Stoke City Asmir Begovic, yang mencetak gol tercepat musim ini saat ia menyapu bola dari jarak 98 meter dan terbantu angin yang kemudian masuk ke gawang Southampton yang dikawal Artur Boruc saat pertandingan baru berlangsung 13 detik.

Bagaimanapun, tandukan Jay Rodriguez pada menit ke-42 dengan memanfaatkan umpan silang James Ward-Prowse membuat tim tamu Southampton mendapatkan hasil imbang 1-1 yang menjaga posisi pasukan Mauricio Pochettino di lima besar.

Pelatih Hull City Steve Bruce menikmati kemenangan kandang 1-0 atas bekas klubnya Sunderland. Gol bunuh diri Carlos Cuellar pada babak pertama menjadi penentu pertandingan dan Sunderland harus kehilangan Lee Cattermole dan Andrea Dossena yang diusir keluar lapangan sebelum turun minum karena pelanggaran-pelanggaran yang dilakukannya.

Gol-gol dari Saido Berahino dan Gareth McAuley membuat West Bromwich Albion menang 2-0 atas tamunya tim juru kunci Crystal Palace, sedangkan West Ham United bermain imbang 0-0 dengan Aston Villa di Villa Park. (AFP)


Berita Terkait

BAGIKAN