Pakistan Kecam AS Atas Pembunuhan Pemimpin Taliban

Foto: AP

Karachi, Sayangi.com – Menteri Dalam Negeri Pakistan mengecam AS atas tewasnya Pemimpin Taliban Pakistan, dan menganggap hal itu memperlemah usaha perundingan damai dengan Taliban yang sudah berlangsung satu dekade.

Menurut Menteri Dalam Negeri Chaudry Nisar Ali Khan, insiden ini memporak-porandakan perundingan perdamaian yang direncanakan dengan kelompok militan ini. Khan mengatakan, serangan pesawat tak berawak itu telah memperlemah usaha merundingkan sebuah pengakhiran damai dari pembrontakan Taliban yang sudah berlangsung satu dekade.

Ia menambahkan, sebuah delegasi pemerintah berencana untuk berbicara dengan Mehsud Jumat namun serangan misil menghantam kompleks tempat tinggal Mehsud di Waziristan Utara sebelum hal itu terselenggara. Pejabat Pakistan dan Amerika memberi konfirmasi terbunuhnya Mehsud dalam serangan itu.

Dalam sebuah pernyataan, Pemerintah Afghanistan juga mengecam pembunuhan Mehsud dan mendesak Pakistan agar menghentikan serangan pesawat tak berawak Amerika itu, yang ditujukan pada tersangka al-Qaida dan operator Taliban. Politisi Pakistan dan bekas pemain kriket Imran Khan menanggapi serangan pesawat tak berawak itu dengan berjanji Sabtu akan memblokir pasokan tentara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan melarangnya lewat provinsi Khyber Pakthunkhwa di sepanjang perbatasan Afghanistan.

Provinsi yang dikuasai partai politik Khan itu merupakan rute utama untuk pasokan tentara NATO di Afghanistan. (MSR/VOA)

Berita Terkait

BAGIKAN