Mulai Besok, Bongkar-Muat di Tanah Abang Setelah 20.00 WIB

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Pemrov DKI Jakarta mengumpulkan 65 pengusaha ekspedisi yang biasa beroperasi di Tanah Abang untuk mensosialisasikan “waktu bongkar muat” barang, guna menghindari kemacetan di kawasan tersebut.

Selama ini, kegiatan bongkar muat barang di Tanah Abang, Jakarta Pusat menjadi salah satu penyebab kemacetan selama bertahun-tahun. Lewat pengaturan “waktu bongkar muat”, kendaraan ekspedisi hanya bisa menaikkan dan menurunkan barang pada pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Aturan yang berdasar pada Peraturan Daerah (Perda) No 12 tahun 2003 tentang Lalu Lintas, Angkutan Jalan, Kereta Api, Sungai, dan Danau itu bakal diterapkan mulai Senin (4/11) besok. Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah menyatakan, pihaknya akan menindak tegas, bahkan memberikan sanksi jika masih ada truk ekspedisi yang melakukan bongkar muat di waktu yang salah.

Berikutnya, Wali Kota akan menindak kendaraan yang parkir sembarangan antara pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB di bahu jalan di seputar Tanah Abang. Diharapkan, upaya gabungan antara penataan pedagang kalilima (PKL) yang direlokasi ke Blok G dan pengaturan jam bongkar muat ini akan membuat lalu lintas di Tanah Abang lebih lancar lagi. (MSR)