Kasihan, 50 Orang Gagal Ikut Tes CPNS Karena Ketinggalan Angkutan

Foto: mulkiindanazulfa

Kotabaru, Sayangi.com – Sebanyak 50 orang dari 3.457 peserta yang sudah mendaftarkan diri di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), batal mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H Suriansyah, mengatakan sejumlah peserta di beberapa sekolahan itu kemungkinan gagal, akibat tertinggal angkutan.

“Mungkin saja mereka ketinggalan angkutan saat hendak ke Kotabaru,” kata Suriansyah di lokasi pelaksanaan tes CPNS di Kotabaru, Minggu (3/11/2013).

Mungkin juga kata dia, karena ikut tes di sekolah lainnya. Namun secara otomatis ia memastikan peserta yang tidak itu dinyatakan gugur. Hal itu menurutnya bisa menguntungkan bagi peserta lain yang kebetulan mendaftar di bidang yang sama, sehingga mengurangi persaingan.

Menurut Suriansyah, banyak pelamar CPNSD yang bukan warga Kotabaru, tetapi warga luar daerah, mereka bisa datang dari Pulau Jawa, Sulawesi, dan sekitarnya.

Mungkin juga ada yang lahirnya saja di Kotabaru, tetapi setelah dewasa pergi menuntut ilmu ke luar Kotabaru atau mengikuti orangtuanya bekerja di luar Kotabaru, dan sekarang ikut seleksi CPNSD di Kotabaru.

Bagi pemerintah semuanya sama saja, yang terpenting mereka siap dan mau membangun daerah ini agar bisa lebih maju seperti daerah lain di Indonesia.

Seorang koordinator pengawas di SMPN 1 Kotabaru, Ainun, mengatakan, di wilayah kerjanya sedikitnya ada lima orang tidak hadir mengikuti seleksi CPNS.

“Mereka tidak masuk tanpa ada surat keterangan apa-apa,” paparnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh petugas dari kepolisian yang menjaga di SDN Batuah I dan II, Brigadir Mariyono.

“Di dua sekolah ini ada enam yang tidak masuk ikut seleksi,” dengan tanpa keterangan apapun,” ucapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), H Slamet Riyadi, menambahkan, seleksi CPNS anggaran 2013 di Kotabaru diikuti oleh 3.457 orang, terdiri dari 3.297 pelamar jalur umum, dan 160 jalur honorer kategori II.

Kuota untuk tenaga pendidikan atau guru sebanyak 94 orang, diperebutkan oleh 1.828 orang pelamar, kuota tenaga kesehatan 60 orang akan diperebutkan oleh 712 pelamar dan tenaga teknis 17 orang yang akan diperebutkan oleh 757 orang.

Dari 3.297 orang pelamar, mereka menggunakan ijazah D III sebanyak 559 orang pelamar, dan 2.738 orang pelamar menggunakan ijazah sarjana atau S1.

Sementara itu, penyelenggaraan selesksi CPNS di Kotabaru dilakukan di 21 sekolah SD, SMP dan SMA sederajat, dengan jumlah ruangan 175 lokal. (MI/Ant)