Ketua DPR: Pemerintah Harus Tegas Terkait Penyadapan

Foto: Sayangi.com/Emil

Bandung, Sayangi.com – Isu penyadapan yang dilakukan pemerintah Amerika dan Australia terhadap Indonesia mendapat kecaman keras dari berbagai kalangan. Pun dilakukan Ketua DPR Marzuki Alie. Menurutnya, pemerintah harus tegas terkait isu penyadapan.

“Sebagai negara yang berdaulat harusnya kita punya sikap, dengan apa yang dilakukan intelijen luar negeri. Maka kita harus lebih tegas, lebih keras lagi,” kata Marzuki Alie di Kota Bandung, Jumat (8/11).

Ditemui usai menghadiri Silahturahim Nasional Menwa Indonesia, di Gedung Merdeka Bandung, Marzuki menuturkan sebagai negara yang berdaulat tentunya tidak menginginkan adanya campur tangan negara luar terhadap independensi Indonesia.

Ketika ditanyakan apa yang harus dilakukan oleh pemerintah terkait isu penyadapan oleh intelijen AS dan Australia, ia menuturkan pemerintah harus melakukan klarifikasi terlebih dahulu.

“Kita lihat dulu, klarifikasi dulu, sejauh mana. Apakah sistemik oleh pemerintah atau gimana?,” ujarnya.

Ia menuturkan, penyadapan yang dilakukan oleh sebuah negara terhadap negara lain maka negara penyadap itu telah mencampuri urusan negara lain.

Dikatakan dia, perkembangan teknologi yang ada saat ini tidak menjamin bahwa sebuah negara bebas dari aksi penyadapan.

“Karena teknologi itu kan berkembang terus, tidak ada jaminan keamanan. Negara Amerika saja (yang teknologinya canggih dan maju) bocor,” kata Marzuki.(ANT)