Jokowi Akan Sulap Terowongan Monas Jadi Base TNI

Foto: sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan keberadaan ruang bawah tanah Monomen Nasional (Monas) akan dimanfaatkan untuk dibangun berbagai fasilitas. Selain akses menuju Stasiun Gambir, nantinya ruang tersebut akan difungsikan sebagai sistem pertahanan milik TNI.

Selain itu, ruang bawah tanah itu, kata Jokowi, akan dibangun terkoneksi dengan Stasiun Gambir serta Balaikota DKI Jakarta. Selain itu juga akan dilengkapi dengan parkir tiga lantai untuk menambah kantong parkir.

“Pembangunan akan dimulai tahun depan dengan anggaran dari APBD DKI 2014. Ya saat ini memang masih dimatangkan lagi dengan tata ruang bawah tanah,” kata Jokowi kepada wartawan di Balaikota DKI, Jumat (8/11).

Menurut Jokowi, pembangunan ruang bawah tanah itu, juga akan menggunakan peraturan Gubernur (Pergub) yang kini sedang disiapkan. Dirinya juga sedang menyusun Perda Ruang Bawah Tanah untuk diajukan ke DPRD.

“Pegangan kita Pergub. Kalau semua harus nunggu Perda kapan dibangunnya. Nanti Perda fungsinya juga untuk membantu mengatur pembangunannya. Tapi khusus untuk ruang bawah tanah di kawasan Monas, cukup menggunakan Pergub,” jelas Jokowi. (GWH)