Liburan Tetap Nyaman Saat Musim Hujan Tiba

Foto/Ilustrasi: Statravel.com

Jakarta, Sayangi.com – Musim hujan telah masuk masanya, beberapa aktivitas mungkin memang agak terganggu dengan siklus hujan yang turun hampir setiap waktu. Lalu bagaimana dengan aktivitas liburan yang mungkin telah kamu rencanakan sebelumnya? Tak perlu khawatir, ada beberapa tips jitu agar liburan anda di musim hujan ini tetap berjalan lancar dan menyenangkan.

Pilih Tempat Wisata Yang Sesuai
Jika pada musim selain penghujan anda bisa liburan kemanapun anda inginkan, ada baiknya anda lebih selektif memilih destinasi liburan saat musim penghujan. Mengubah destinasi liburan dari rencana sebelumnya pun tak tertutup kemungkinan. Hindari liburan bertema wisata alam dan tempat-tempat terbuka, anda bisa memilih wisata budaya atau tempat-tempat bersejarah serta wisata kuliner. Anda juga bisa memilih tempat relaksasi seperti spa untuk liburan anda kali ini.

Sedia Payung Sebelum Hujan
Meski teknologi sekarang begitu canggih, namun pada hakikatnya tak pernah ada yang tau reaksi alam sesungguhnya. Agar liburanmu tetap nyaman, persiapkan beberapa hal lainnya sekalipun itu tak terasa penting. Kita tidak tahu kapan hujan turun, apa yang akan terjadi dan bagaimana kondisi tempat wisata jika hujan turun tanpa henti. Maka perisiapkan dana cadangan sebagai antisipasi resiko yang mungkin saja terjadi. Selain dana tambahan, siapkan pula obat-obatan ekstra sebagai perisai diri. Bawa lebih banyak celana pendek daripada celana panjang. jangan lupa siapkan baju hangat dan baju untuk cuaca panas. Siapkan juga alat pelindung hujan seperti payung, jas hujan atau ponco.

Pantau Kondisi Cuaca
Sebelum anda berangkat berlibur, ada baiknya anda mem-follow akun BMKG di media social untuk memantau kondisi cuaca pada hari tersebut. Hal ini akan sangat membantu anda dalam memprediksikan cuaca serta merencanakan posisi keberadaan anda yang lebih nyaman pada saat kemungkinan terjadi hujan. Ikuti terus perkembangan cuaca di tempat wisata dari BMKG melalui akun twitter. Anda juga bisa bertanya langung ke BMKG lewat @infoBMKG dari twitter.

Jaga Kondisi Tubuh
Meski telah menyiapkan obat-obatan selama liburan, kamu tetap harus menjaga kondisi tubuh sebelum keberangkatan. Konsumsi vitamin, olahraga teratur, dan jaga asupan gizi anda selama berlibur atau sebelumnya. Jika perlu sebelum berangkat mintalah dokter anda untuk memberikan vaksin untuk menambah daya tahan tubuh anda.

Rencana Cadangan
Siapkan pula rencana cadangan. Rencana cadangan ini akan berguna jika hujan turun tanpa henti. Pastikan rencana cadangan ini dapat anda lakukan tanpa mengurangi indahnya liburan anda. (FIT)