Tahun Depan, Tarif KRL Commuter Jabodetabek Naik

Foto: sayangi.com/Yan Zapin

Jakarta, Sayangi.com – Tarif KRL Commuter Line Jabodetabek diperkirakan akan naik pada Oktober 2014. Namun besaran kenaikan belum dapat dipastikan, masih menunggu perhitungan kucuran obligasi layanan publik dari pemerintah.

“Penambahan tarifnya nanti pada Oktober 2014. Tapi, besaran kenaikannya tergantung PSO (public service obligation) dari pemerintah. Mau ngasihnya berapa itu tergantung nanti,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek, Tri Handoyo, saat dijumpai wartawan di Kantornya Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Jumat (8/11).

Dituturkan Handoyo, setelah menghitung PSO yang didapat, maka proporsi harga yang harus dibayar masyarakat baru dapat dihitung. Apabila tarifnya dinaikkan dari yang Rp 9.000 untuk rute Jakarta-Bogor, maka menjadi Rp 20.000. Tapi kata Handoyo, pemerintah memberikan PSO Rp 12.000, maka tarifnya akan menjadi Rp 8.000.

“Saya belum bisa memastikan kapan pengambilan keputusan soal PSO. Margin keuntungan yang didapat KCJ saat ini juga masih minim. Sekitar 5 sampai 8 persen. Itu pun masih ada kebutuhan swadaya untuk menambah gerbong kereta,” terang Handoyo. (GWH)