Biaya Pelatnas Timnas U-19 Sebesar Rp 30 M

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Biaya untuk pelatnas timnas U-19 selama setahun diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 30 miliar.

“Estimasi biaya untuk timnas Indonesia U-19 bisa menghabiskan dana sekitar Rp 30 miliar selama setahun, sampai Oktober 2014. Hitungan kami, per hari butuh sekitar Rp 600.000 per orang, termasuk biaya hotel dan makan per kepala,” ucap Sekretaris Badan Tim Nasional (BTN), Sefdin Syaifudin di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

“Jadi, dalam sehari menghabiskan Rp 30 juta. Namun, itu belum termasuk uang saku per pekan dan akomodasi pindah pelatnas, seperti biasa, tiket,” lanjutnya.

“Untuk membiayai pelatnas tersebut, ada beberapa sumber, seperti dari pemasukan PSSI, tiket pertandingan, hak siar, dan sponsor yang saat ini baru ada Nike,” demikian Sefdin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Ketum PSSI yang juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan tidak akan menuntut pemerintah untuk ikut membiayai program pemusatan latihan jangka panjang Tim Nasional U-19 dalam menghadapi putaran final Piala Asia 2014 di Myanmar yang membutuhkan anggaran cukup besar.

“Sumber dana PSSI saat ini memang dari kerja sama dengan pihak swasta, tanpa sepeser pun bantuan dari pemerintah maupun BUMN. BTN tidak mungkin menjalankan semua program timnas tanpa dukungan dari pihak lain,” tegas La Nyalla.

Kendati demikian, lanjut La Nyalla, PSSI tetap terbuka jika nantinya pemerintah memberikan bantuan anggaran untuk mendukung pembiayaan timnas, asalkan tidak disertai syarat-syarat yang mengikat dan tujuannya untuk memajukan sepak bola Indonesia.

Timnas U-19 dijadwalkan memulai kembali program pemusatan latihan jangka panjang di Kota Batu, Jatim, pada 9 November 2013, setelah menjalani masa libur selama satu bulan usai menuntaskan laga kualifikasi Piala Asia.

Berita Terkait

BAGIKAN