‘Kalau Sesuai Rencana Tuhan, Tiga Bulan Wibawa MK Kembali’

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva berharap citra dan kewibawaan MK dapat pulih dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan. Demikian bisa terwujud bila pegawai di lingkungan MK menjaga integritas dan profesionalitasnya.

“Saya ingin mengajak seluruh pegawai MK untuk terus berjalan tegak dan optimis MK akan kembali seperti dulu. Kalau kita konsisten, dalam dua-tiga bulan saya harap MK kembali baik,” kata Hamdan Zoelva saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan pejabat struktural dan fungsional tingkat eselon II, III dan IV, di lingkungan Kepaniteraan dan Kesekretariatan Jenderal MK, di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Menurut Hamdan, dengan kerja keras seluruh pegawai dan terus menjaga integritas, maka kewibawaan dan citra MK dapat segera dikembalikan.

Oleh karena itu Hamdan menyatakan ingin membuat pengetatan sistem yang dapat menjaga kerahasiaan setiap putusan MK, agar setiap putusan MK tidak diketahui sebelum dibacakan oleh panel hakim.

Selain itu dia juga ingin menerapkan sistem deteksi dini di lingkungan kepaniteraan.

“Saya telah berbicara dengan Wakil Ketua MK agar segera memperbaiki suasana kerja di Mahkamah Konstitusi, termasuk memberlakukan sistem deteksi dini di lingkungan kepaniteraan,” katanya.

Dia juga berencana memperketat tamu-tamu dalam persidangan, dengan mendata setiap pihak yang keluar masuk ruang sidang ataupun Gedung MK.

Hal itu, kata dia, untuk meminimalisir kehadiran orang-orang yang tidak berkepentingan di MK, seperti calo-calo persidangan. Oleh karenanya ia yakin wibawa MK akan kembali jika sesuai dengan rencana Tuhan.

“Jadi tiga bulan ke depan saya harap MK sudah bisa berdiri tegak, kecuali ada rencana tuhan yang lain,” ujarnya. (MI/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN